detikHot

celeb

Kisah 5 Jam Reza Rahadian Dalami Sosok BJ Habibie

Rabu, 11 Sep 2019 20:19 WIB Nugraha - detikHot
Foto: Rachman Haryanto/detikcom Foto: Rachman Haryanto/detikcom
Jakarta - Kisah cinta sosok BJ Habibie tertuang dalam film 'Habibie & Ainun'. Reza Rahadian bertugas memerankan sosok Habibie.

Film-film itu menjadi salah satu kisah yang terus membekas setelah BJ Habibie meninggal dunia. Presiden RI ke-3 itu meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9/2019).




Aktor Reza Rahadian dipilih untuk memerankan sosok Habibie dalam film yang disutradarai Hanung Bramantyo itu. Reza pun mengaku belajar langsung dari Presiden RI ke-3 itu.

Reza menyatakan belajar segala sesuatu tentang Habibie. Dari membaca dengan intonasi khas Habibie sampai cara mengucapkan dialog dalam bahasa Jerman.

"Secara pribadi saya ke rumahnya mempelajari. Beliau bukan orang yang kaku, sangat ringan, ekspresif, membiarkan saya memanggil dengan 'Eyang' supaya tidak grogi. Saya 5 jam di rumahnya, diajak ngobrol, diajak keliling," ujar Reza kala itu.

Reza mengaku mengenal sosok BJ Habibie saat dirinya duduk di kelas VI SD. Demi pendalaman peran, ia pun bekerja keras untuk belajar gaya bicara khas Habibie.

"Saya belajar gaya. Bukan tokoh yang diperankan secara fisik, tapi pada kapabilitas, bukan fisik. Bukan mentransfer seperti gaya Habibie, opsi kedua membawakan cara bicara beliau," ujarnya.

Setelah 'Habibie & Ainun', rumah produksi MD Pictures membawa kisah lain dari sosok Habibie ke dalam layar lebar, yakni lewat kisah berjudul 'Rudy Habibie'.

Ada sisi-sisi lain yang dimiliki oleh negarawan itu, termasuk kehidupan asmaranya sebelum menikah dengan Ainun.



Ada sosok lain yang mendukung Habibie mencapai impiannya selama tinggal dan menempuh pendidikan di Jerman, yakni seorang perempuan bernama Ilona, yang menjadi teman sekaligus kekasihnya kala masih kuliah dulu.

Tentunya cerita lengkap sosok Habibie dapat disaksikan lewat filmnya. Selain Reza Rahadian, 'Rudy Habibie' dibintangi sederet aktris berkilau, di antaranya Chelsea Islan, Indah Permatasari juga trio stand up comedy: Pandji Pragiwaksono, Boris Bokir, dan Ernest Prakasa.


Simak Video "Selamat Jalan Bapak Teknologi Indonesia, BJ Habibie"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com