Raditya Dika Idap Autoimun Sejak 6 Tahun Lalu

Desi Puspasari - detikHot
Selasa, 10 Sep 2019 10:32 WIB
Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta - Raditya Dika yang selalu terlihat sehat, ternyata mengidap penyakit autoimun. Autoimun yang diidapnya berpengaruh dengan kulit dan sendi-sendinya.

Youtuber dan komika yang satu itu menceritakan sudah enam tahun didiagnosis idap autoimun.

"Gue sudah ngalamin ini, sudah enam tahun ini. Pas gue tanya dokter, itu autoimun," kata Raditya Dika dalam channel YouTube Ussy Andhika dilihat, Selasa (10/9/2019).



Selama mengidap penyakit itu, Raditya Dika merasa terganggu dengan beberapa hal yang menyerang kulitnya. Dia juga selalu merasakan pegal-pegal pada sendi-sendinya.

"Jadi autoimun gue itu lebih ke kulit jadi kering sama timbul ruam kalau gue stres, terus sendi-sendi itu jadi pegal dan tidak dapat dijelaskanlah kalau stres," katanya.

"Paling utama itu mata sih, mata gue kering banget gara-gara penyakit gue ini," sambung Raditya Dika.



Suami Anissa Aziza itu, mengakui dirinya menutupi penyakit itu karena merasa masih banyak yang lebih parah darinya. Dia pun terus ingin memperbaiki kualitas hidupnya.

"Kenapa gue jarang ngomong karena autoimun yang lebih parah itu banyak. Jadi sebenarnya gue biasa aja dan bisa di-manage biar kualitas hidup gue nggak berkurang," ungkap Raditya Dika.

Simak Video "Makin Ramai Artis Masuk YouTube, Ini Kata Raditya Dika"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/wes)