Kiki Farrel Ungkap Kanker Usus yang Diidap Ibunya

Pingkan Anggraini - detikHot
Kamis, 05 Sep 2019 12:32 WIB
Foto: Dok. Instagram/kikifarrel
Jakarta - Lama tak terdengar kabar, Kiki Farel ungkap kanker usus yang tengah diidap ibunya, Dahlia. Kiki menjelaskan Mama Dahlia telah mengidap sejak tahun 2017 lalu.

Setelah melalui beberapa pengobatan termasuk kemoterapi pada Februari 2018, kondisi kesehatan Mama Dahlia kini kembali melemah. Kanker usus yang ada pada Mama Dahlia kini dikabarkan kambuh.

"2017 kemaren kanker, 2018 Februari selama 4 sampai 5 bulan kemo, terus udah bagus lah hasilnya. Tapi ternyata di tahun ini ada gejala-gejala lagi, kirain sakit biasa, tiba-tiba berdarah (BAB)," ujar Kiki saat ditemui di Gedung Trans TV, Jalan Kapten P Tendean, Kamis (5/9/2019).

"Awalnya dikasih obat biasa. Tapi kok nggak sembuh-sembuh, tiap hari sakit, akhirnya dicek lagi. Ternyata yang harusnya pada saat itu harusnya stadium 2, tapi jatuh di atas lima," jelas Kiki lagi.



Namun Kiki telah memberikan penanganan kembali pada bulan Juli 2019 untuk dirawat di rumah sakit. Meski penanganan agak terlambat, kemo yang dijalankan Mama Dahlia selesai dengan baik.

"Kita juga nggak tau sejauh itu. Juli kemarin mama dirawat, proses operasi yang kedua. Sekarang lagi jalanin kemo, kemarin sempat kekurangan darah. Tapi alhamdulillah walau agak telat dapat, dan kemo kelar kemarin yang pertama," paparnya lagi.

Setelah melewati masa operasi kedua, kanker usus yang diidap Mama Dahlia saat ini dikabarkan masih sering kambuh. Untuk BAB, Mama Dahlia masih merasa kesulitan karena terasa sakit.

"Jadi kalau dari awal mulai tahun ini kayak kambuh, tapi masih aktivitas, tiap hari itu sakit, BAB sakit banget, bisa sehari dua hari nggak BAB karena sakit," ungkap Kiki.

Saat ini Mama Dahlia masih tetap melakukan aktivitas seperti biasa. Namun, ia lebih banyak melakukan aktivitas di dalam rumah karena sering merasa mual setelah menjalankan kemo terapi.

"Jadi nggak ke mana-mana, di rumah aja. Habis kemo, jadi mual segala macam, jadi bener-bener istirahat. Karena efeknya nggak bagus buat kulit, rambut, segala macam, kondisi jadi lemah," tambah Kiki.

"Jadi sekarang masih di rumah, kalau jalan-jalan sekitar rumah sih masih," pungkasnya

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Imbas Corona, Kiki Farel Sulit Menggaji Karyawannya"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/kmb)