detikHot

celeb

Seputar Iwan Fals yang Tepuk Tangan Soal Ibu Kota Pindah

Rabu, 28 Agu 2019 16:54 WIB Niken Widya Yunita - detikHot
Seputar Iwan Fals yang Tepuk Tangan Soal Ibu Kota Pindah/Foto: Hanif Hawari/detikHOT Seputar Iwan Fals yang Tepuk Tangan Soal Ibu Kota Pindah/Foto: Hanif Hawari/detikHOT
Jakarta - Iwan Fals memberikan tepuk tangan atas kepindahan ibu kota ke Kaltim. Apalagi seputar Iwan Fals?

Iwan merupakan penyanyi legenda di Indonesia. Aliran musiknya balada, pop, rock, dan Country. Dia juga aktif nge-tweet serta masih aktif menyanyi hingga kini.

Berikut seputar Iwan Fals dirangkum dari berbagai sumber:


1. Nama Asli

Iwan Fals bernama asli Virgiawan Listanto. Pria kelahiran Jakarta, 3 September 1961, ini kini berumur 57 tahun.

2. Sempat Mengamen

Iwan Fals muda kerap mengamen di Bandung. Dia mengamen untuk melatih kemampuannya bergitar dan mencipta lagu.

3. Rekaman Album

Kemudian Iwan diajak rekaman oleh seorang produser di Jakarta. Dia lalu rekaman album pertama bersama rekan-rekannya. Sayangnya album tersebut gagal dan dia kembali mengamen.

Lalu dia rekaman lagu yang lebih serius dengan mengeluarkan album Sarjana Muda. Album Sarjana Muda banyak diminati dan dia mulai mendapatkan berbagai tawaran untuk bernyanyi. Ia kemudian sempat masuk televisi setelah tahun 1987.

4. Lagu-lagunya

Iwan Fals terkenal akan lagunya yang dekat dengan masyarakat seperti lagu Wakil Rakyat. Dia juga membuat lagu tentang bencana seperti Ethiopia.

Nama Iwan semakin meroket dengan mencetak hits Bento dan Bongkar yang sangat fenomenal. Perjalanan karier Iwan Fals terus menanjak ketika dia bergabung dengan Kantata Takwa pada 1990 yang didukung penuh oleh pengusaha Setiawan Djodi.

5. Punya Penggemar OI

Pria beragama Islam ini memiliki penggemar bernama OI. Kantor cabang OI dapat ditemui di seluruh Indonesia.

6. Keluarga

Iwan Fals menikahi Rosana yang akrab disapa 'Mbak Yos' pada tahun 1980. Keduanya dianugerai tiga anak yaitu, Galang Rambu Anarki, Annisa Cikal Rambu Bassae, dan Raya Rambu Rabbani.

Galang mengikuti jejak ayahnya terjun di bidang musik. Walaupun demikian, musik yang ia bawakan berbeda dengan yang telah menjadi trademark ayahnya.

Nama Galang dijadikan salah satu lagu Iwan, berjudul Galang Rambu Anarki. Nama Cikal sebagai putri kedua juga diabadikan sebagai judul album dan judul lagu Iwan Fals yang terbit tahun 1991.

Galang meninggal pada bulan April 1997. Hal ini membuat aktivitas bermusik Iwan Fals sempat vakum selama beberapa tahun. Kini Iwan sudah aktif menyanyi kembali.

7. Komentar Tentang Pemindahan Ibu Kota

Iwan Fals ikut memberikan komentar tentang pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur. Lewat akun Twitternya, Iwan berkicau soal lokasi ibu kota tersebut.

"Kaltim, Penajam Paser Utara, Kutai Kartanegara," tulis Iwan sembari membubuhkan emoji tepuk tangan.






Simak Video "Cerita Wulan Guritno yang Ketagihan Main TikTok"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/lus)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com