detikHot

celeb

Lihat Masalah UAS, Anggun C Sasmi Curhat Tentang Minoritas dan Mayoritas

Rabu, 21 Agu 2019 10:20 WIB Desi Puspasari - detikHot
Foto: Palevi/detikHOT Foto: Palevi/detikHOT
Jakarta - Anggun C Sasmi juga memberikan komentar terkait viralnya ceramah ustaz Abdul Somad tentang salib di media sosial. Anggun posting foto ustaz Abdul Somad dengan Meiliana.

Mengulas ke belakang, Meiliana dilaporkan melakukan penistaan terhadap agama Islam dan divonis 1,5 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Medan pada 21 Agustus 2019.



"Meliana & Somad. Minoritas VS Mayoritas #Kenyataan," tulis Anggun C Sasmi dalam feed Instagramnya, Rabu (21/8/2019).

Masalah Meiliana bermula ketika dia meminta untuk volume masjid dikecilkan. Tapi permintaan itu dianggap merendahkan dan menistakan agama.

MUI Kota Tanjungbalai pun merekomendasikan pihak kepolisian untuk segera menindaklanjuti proses penegakan hukum atas Meiliana. Dari masalah itu, Anggun C Sasmi berbagi cerita bagaimana ketika dirinya yang seorang muslim harus hidup di negara lain sebagai minoritas.



"Saya tinggal di Paris, saya Muslim dan minoritas di negeri Prancis. Di awal karir, saya pernah dianjurkan untuk tidak memberi tahu tentang agama saya agar agama2 lain yang menjadi mayoritas tidak merasa terganggu. Dari sini lah saya mulai mengerti arti kata "minoritas"," cerita Anggun C Sasmi.

Menjadi minoritas membuat Anggun bisa mempunyai rasa empati kepada mereka yang juga mengalami hal seperti dirinya. Selalu mengalah agar tidak dianggap mengganggu mereka yang mayoritas.



"Karena sangat merasakannya, dan hingga saat ini saya selalu mempunyai empati kepada mereka yang harus terus mengalah supaya tidak "mengganggu" yang jumlahnya lebih banyak. Lebih banyak belum tentu berarti benar," tukas Anggun.

[Gambas:Instagram]




Simak Video "Penjelasan Lengkap UIN Suska soal Mundurnya UAS sebagai PNS"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/wes)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com