detikHot

celeb

Amitabh Bachchan Tak Tahu Sudah 8 Tahun Idap TBC

Selasa, 20 Agu 2019 17:30 WIB Delia Arnindita Larasati - detikHot
Foto: REUTERS/Francis Mascarenhas Foto: REUTERS/Francis Mascarenhas
Jakarta - Amitabh Bachchan belum lama ini mengungkap sebuah rahasia yang tak pernah diungkapkan sebelumnya. Diam-diam, aktor senior India tersebut ternyata sudah lama mengidap tuberkulosis atau TBC.

Hal tersebut diungkap oleh Amitabh saat menghadiri acara peluncuran 'Swasth India' di NDTV. Bicara dengan doktor Harsh Vardhan, sang aktor mengingatkan pentingnya cek kesehatan secara berkala agar bisa mendeteksi penyakit yang diidap lebih cepat.

"Aku selalu mengutip contoh pribadi saya setiap waktu, dan mencoba menyebarkan gagasan agar Anda melakukan cek kesehatan. Dan saya sama sekali tak keberatan menyatakan secara publik bahwa saya adalah penyintas tuberkulosis dan Hepatitis B," ungkap Amitabh Bachchan dikutip dari Gulf News.

"Infus darah buruk masuk dan 75 persen hati saya hilang. Tapi karena saya berhasil mendeteksinya lebih awal, saya masih bisa selamat dengan 25 persen sisanya," lanjutnya.

Tak hanya itu, aktor berusia 76 tahun itu juga mengaku mengidap TBC selama 8 tahun karena ketidaktahuannya. Sehingga, ia meminta semua orang untuk rajib melakukan cek kesehatan selama menyeluruh secara berkala.

"Ada obatnya, bahkan untuk tuberkulosis. Saya tak tahu selama 8 tahun kalau mengidap tuberkulosis. Jika bisa terjadi pada saya, maka bisa juga terjadi pada siapa pun. Jika Anda tak mau melakukan cek kesehatan, maka Anda tidak akan pernah tahu dan tak akan pernah bisa diobati," pungkasnya.




Simak Video "Yayan Ruhian hingga Dude Herlino Kuatkan Donny Alamsyah"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/nu2)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com