detikHot

celeb

Awal Mula Dede Sunandar Tahu Anak Kedua Idap Sindrom Williams

Rabu, 14 Agu 2019 15:38 WIB Hanif Hawari - detikHot
Foto: Hanif/detikHOT Foto: Hanif/detikHOT
Jakarta - Anak kedua Dede Sunandar, Ladzan Syafiq Sunandar, mengidap penyakit Sindrom Williams. Hal tersebut diketahuinya saat Ladzan berusia tiga bulan.

"Dede sama istri pas cek ke dokter, 3 bulan setelah lahiran. Ada yang namanya Sindrom Williams," kata Dede Sunandar usai mengisi acara 'Brownis' Trans TV, Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (14/8/2019).



Saat itu, dokter mengatakan ada penyempitan pada jantung dan paru-paru anak Dede Sunandar. Hingga akhirnya dokter menyarankan untuk segera mengambil tindakan operasi pada Ladzan.

"Kalau gejala nggak tahu juga. Pas kita periksa 1 bulan 2 bulan nggak ada apa-apa. Pas 3 bulannya tiba-tiba ada yang bocor jantungnya. Tahunya jantung ke paru-paru ada penyempitan, jadi harus operasi, harus diambil tindakan secepatnya," sambungnya.



Tetapi operasi tersebut tidak bisa dilakukan saat usia Ladzan berumur 3 bulan. Dokter menyarankan agar operasi dilakukan saat sang anak sudah berusia 1 tahun ke atas.

Tak hanya penyempitan pada organ tubuhnya, Ladzan juga disebut sulit dalam bernapas. Bahkan tumbuh kembang sang anak juga disebut agak lambat dari anak normal pada umumnya.

"Kalau susah napas iya. Cuma perkembangan tumbuhnya agak lambat," tukas Dede Sunandar.


Simak Video "Eksklusif! Anak Kedua Kena Sindrom Williams, Dede Sunandar Tetap Tegar"
[Gambas:Video 20detik]
(hnh/wes)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com