detikHot

celeb

Dukungan Nunung Direhabilitasi Makin Kuat

Jumat, 09 Agu 2019 16:51 WIB Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Foto: Dokumentasi 20detik Foto: Dokumentasi 20detik
Jakarta - Nunung direkomendasikan rehabilitasi oleh BNNP. Komjen Pol Dr. Anang Iskandar SIK, S.H., M.H., sebagai pakar narkoba dan Mantan Kepala (BNN) dan Kabareskrim juga setuju dengan putusan itu.

"Pada prinsipnya UU Narkotika mengatur dua kejahatan, kejahatan pengguna dan peredaran. Kejahatan penyalahgunaan sifatnya penegak hukum rehabilitatif. Masalahnya sekarang ini penegak hukum bersifat represif," kata Anang Iskandar di kantor Generasi Peduli Anti Narkoba (GPAN), Gunawarman, Jakarta Selatan, Jumat (9/8/2019).



Lanjut Anang Iskandar, Nunung saat ini menjalani hukuman secara represif atau menekan bukan rehabilitatif. Sehingga dalam kesempatan ini, dirinya meminta penegak hukum harus memberikan hukuman terhadap Nunung dengan cara direhabilitatif.

"Seperti Nunung, ya saat ini tuh menjalani represif, bukan rehabilitatif. Karena itu, saya mengingatkan ke seluruh masyarakat, termasuk penegak hukum bahwa penegak hukum terhadap penyalahguna seperti Nunung harus rehabilitatif, bukan represif," ungkapnya.



Secara teknis Anang Iskandar juga sependapat jika Nunung dihukum penjara tanpa menempuh rehabilitasi hal itu bertentangan dengan undang-undang. Sehingga ditegaskan lagi bahwa Nunung harus direhabilitasi.

"UU berbunyi seperti itu. Kalau Nunung di penjara, itu bertentangan dengan UU Narkotika dan KUHP. Nunung mestinya ditempatkan rehabilitasi dan Nunung bersalah atau tidak hukumannya rehabilitasi. UU ini lah yang sekarang pelaksanaannya belum berjalan ya," kata Anang.



"Rehabilitatif itu kewajiban, kewajiban penyidik, penuntut hukum, dan hakim harus jalani UU kepada penyalahgunaan. Hakim punya kewenangan, Saya mengingatkan bahwa kewajiban penegak hukum baik dari penyidik sampai hakim, harus rehab untuk penyalahguna narkotika, bukan hanya Nunung saja," pungkasnya.


Simak Video "Terjerat Kasus Narkoba, Nunung Bohongi Anak Bungsunya"
[Gambas:Video 20detik]
(fbr/pus)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Nunung Tertangkap Nyabu
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com