detikHot

celeb

5 Fakta Kehidupan Mandala Shoji yang Baru Bebas dari Penjara

Kamis, 08 Agu 2019 13:46 WIB Abdul Jalil - detikHot
5 Fakta Kehidupan Mandala Shoji yang Baru Bebas dari Penjara/Foto: Zunita Amalia Putri/detikcom 5 Fakta Kehidupan Mandala Shoji yang Baru Bebas dari Penjara/Foto: Zunita Amalia Putri/detikcom
Jakarta - Mandala Shoji kini telah menghirup udara bebas, setelah sebelumnya 6 bulan dalam masa tahanan. Penasaran seperti apa fakta kehidupan Mandala Shoji?

Aktor sekaligus pembawa acara yang bernama lengkap Mandala Abadi Shoji ini, terjerat kasus kampanye gelap dalam pemilu legislatif lalu.

Isak tangis keluarga dan kerabat menyambutnya saat keluar dari rutan Salemba, pada Rabu (7/8/2019). Menggunakan gamis berwarna biru, mandala langsung memeluk sang istri, Deanova yang tak kuasa menahan air mata.

Berikut fakta-fakta Mandala Shoji dirangkum dari berbagai sumber:



1. Karier Sebagai Artis

Pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur, itu memulai kariernya di dunia hiburan sejak tahun 2007 silam. Namanya pun kian melejit saat berkesempatan menjadi presenter di beberapa acara reality show, yakni Termehek-mehek, Bikin Mewek, Titik Balik, dan Rumah Gratis.

Selain itu, mantan kekasih dari Poppy Bunga ini juga pernah ikut bermain dalam film En6m pada tahun 2007, Kuntilanak 3 2008, dan Kuntilanak Kamar Mayat 2009.

2. Jejak Politik

Bukan kali pertama, aktor 36 tahun itu menjadi calon anggota legislatif. Tepatnya di pemilu tahun 2014, ia juga pernah mencalonkan diri sebagai caleg, melalui Partai PKB di daerah pemilihan 2 Jawa Tengah. Namun sayangnya ia gagal dan mengaku kecewa.

Kemudian Mandala kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPR, dari Partai Amanat Nasional (PAN) pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Namun, nasib kembali belum berpihak pada Mandala. Belum selesai masa kampanye berakhir, Mandala dituntut hukuman enam bulan penjara karena terbukti melanggar Undang Undang Pemilu.

3. Menyerahkan Diri

Mandala sempat menjadi buronan karena menghilang kurang lebih selama 2 minggu. Setelah sebelumnya pihak pengadilan memvonisnya bersalah pada Desember 2018 lalu. Namun akhirnya, Mandala Shoji berani menyerahkan diri kepada Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat.

Pengacara Shoji, Elsa Syarief, membantah kliennya melarikan diri dan bukan buronan. Karena menurutnya, kliennya tersebut sudah dicek tidak masuk dalam Daftar Pencarian Orang.

4. Ajukan Banding

Pihak Mandala Shoji mengajukan banding, saat divonis bersalah oleh pengadilan. Banding diajukan lantaran menurut pihak Mandala, vonis yang dijatuhkan majelis hukum tidak sesuai dengan fakta di lapangan.

Namun, upaya banding yang diajukan oleh pihak Mandala ditolak oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada akhir Desember 2018 lalu.



5. Dicoret dari Daftar Caleg Tetap

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta menginstruksikan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), untuk mencoret nama caleg Mandala Shoji dari Daftar Calon Tetap (DCT), di Daerah Pemilihan DKI Jakarta 2. Nama Mandala Shoji pun dicoret dari Daftar Calon Tetap (DCT) setelah resmi mendekam di Rutan Salemba.

Mandala pun hanya menyerahkan urusan itu kepada pihak pengacara. Elza Syarief selaku pengacara dari Mandala Shoji pun protes. Elza menegaskan, bahwa kliennya hanya melakukan pelanggaran pemilu dan bukan pelanggaran tindak pidana seperti yang dianggap KPU.




Simak Video "Baru Keluar Penjara, Mandala Shoji Ditawari Jadi Wakil Bupati"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com