detikHot

Berita Populer

Mandala Shoji Bebas!

Kamis, 08 Agu 2019 07:17 WIB Nugraha - detikHot
Foto: Hanif/detikHOT Foto: Hanif/detikHOT
Jakarta - Setelah mengurus berkas, Mandala Shoji akhirnya keluar dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Salemba, Jakarta Pusat. Ia bebas dan diperbolehkan pulang dari kasus kampanye pemilu yang menjeratnya.

Mandala Shoji keluar Rabu (7/8/2019), pukul 11.52 WIB. Menggunakan gamis berwarna biru dengan kopiah di kepalanya, ia langsung menghampiri anak-anaknya yang dibawa oleh sang istri, Maridha Deanova Safriana.



Mandala Shoji tak kuasa menahan haru ketika bertemu dengan keempat anaknya. Air matanya menetes saat memeluk dan mencium mereka semua satu persatu.

Kemudian Mandala Shoji langsung memeluk sang istri, Deanova. Sang istri juga tak kuasa menahan air mata ketika melihat suaminya tersebut akhirnya bisa bebas setelah 6 bulan mendekam di penjara.

Mandala Shoji Bebas!Foto: Hanif Hawari/detikHOT


Mandala bebas setelah enam bulan mendekam di Lapas Salemba. Ia dipenjara terkait kasus politik uang.

Meskipun hanya enam bulan, Mandala Shoji, memiliki banyak kenangan selama ditahan. Ia bercerita, tidur dengan narapidana kasus pembunuhan hingga anak buah Hercules.

"Kalau bayangan kita di luar, masuk pertama pasti seremlah. Satu kamar sama Kapak Merah, begal, pembunuh, terus kita juga satu kamar sama psikopat, jadi dia bunuh neneknya sendiri," kata Mandala.



"Terus kita juga sempet satu kamar dengan temen-temen Hercules. Macam-macam ada gigolo, narkoba, banyak," sambungnya.

Meskipun begitu, Mandala Shoji mengaku tetap punya banyak teman untuk membicarakan hal positif. Satu kuncinya, yaitu konsisten memperdalam ilmu agama.

Mandala Shoji Bebas!Foto: Hanif Hawari/detikHOT


"Cuma alhamdulilah kalau kita deket sama Allah, berusaha belajar agama orang, jadi lebih menghargai kita. Kalau kita ngomongin kebesaran Allah, Insyaallah mereka akan lebih respect kepada kita dari pada kita ngomongin yang lain," tutup Mandala Shoji.

Mandala Shoji divonis bersalah melanggar aturan pemilu karena membagi-bagikan kupon umrah. Ia divonis Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Masing-masing memberikan hukuman kepada Mandala 3 bulan penjara dan denda Rp 5 juta subsider 1 bulan penjara.


Mandala Shoji Bebas!



Simak Video "Baru Keluar Penjara, Mandala Shoji Ditawari Jadi Wakil Bupati"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/wes)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com