detikHot

celeb

Sosok Agung Hercules yang Meninggal Dunia karena Kanker Otak

Kamis, 01 Agu 2019 18:05 WIB Virgina Maulita Putri - detikHot
Sosok Agung Hercules yang Meninggal Dunia karena Kanker Otak Foto: dok. Yutube channel Agung Hercules Sosok Agung Hercules yang Meninggal Dunia karena Kanker Otak Foto: dok. Yutube channel Agung Hercules
Jakarta - Setelah berjuang melawan kanker otak, Agung Hercules dikabarkan meninggal dunia di usia 51 tahun. Kabar tersebut awalnya menyebar lewat broadcast pesan singkat, tapi kini telah dikonfirmasi oleh pihak keluarga.

"Iya benar. Nanti lagi ya, ini kita lagi otw ke sana," ucap manajer Agung Hercules, Peter, membenarkan kabar tersebut kepada detikHOT, Kamis (1/8/2019).



Berikut fakta-fakta tentang Agung Hercules yang dirangkum detikHot dari berbagai sumber.

1. Mengawali Karier Sebagai Binaragawan

Agung Santoso atau yang lebih dikenal dengan nama Agung Hercules lahir di Malang, Jawa Timur pada tanggal 9 Februari 1968.

Ia memulai kariernya di dunia olahraga dengan menjadi binaragawan. Agung bahkan pernah menjadi salah satu binaragawan terbaik di Malang dan menduduki peringkat 6 di ajang Pra PON tahun 1998.

Tapi, karena banyak pesaing ia memutuskan berhenti dan pindah ke Jakarta untuk merintis karier di dunia hiburan dan menjadi pelatih di pusat kebugaran.

2. Debut di Dunia Hiburan

Pada tahun 1999, Agung kemudian ditawari untuk tampil di sinetron Saras 008. Di sinetron tersebut, ia memerankan karakter Milky Man yang sering membantu Saras. Sayangnya, nama Agung tidak langsung melejit setelah membintangi sinetron tersebut.

3. Jajal Dunia Tarik Suara

Setelah dunia akting, Agung kemudian menjajal keberuntungannya di dunia tarik suara. Sesungguhnya, menyanyi bukanlah hal yang baru bagi Agung karena ia pernah bergabung di kelompok Orkes Melayu (OM) di Malang sejak kelas 6 SD.

Ia pun memberanikan diri untuk menciptakan dan merekam lagunya sendiri, salah satunya lagu "Astuti" alias Asli Tukang Tipu pada tahun 2003. Sejak saat itu, Agung pun mulai dikenal sebagai penyanyi dangdut dengan ciri khas badan yang kekar.



4. Sering Main Film dan Sinetron

Setelah namanya melejit, Agung pun semakin sering mendapatkan tawaran untuk tampil di film dan sinetron. Beberapa film yang pernah ia bintangi antara lain Test Pack, Comic 8, Youtubers: The Movie, Jagoan Instan, dan masih banyak lagi.

Sedangkan sinetron yang pernah ia bintangi antara lain Putih Abu-abu, Cinta RockStar, Samson dan Dahlia, I Love Jinny, dan masih banyak lagi.

5. Barbel yang Ikonik

Sebagai penyanyi, Agung memiliki ciri khas selalu tampil membawa barbel. Bahkan saat mengisi acara atau bernyanyi Agung Hercules mempunyai mic khusus berbentuk barbel.

Agung juga memiliki jargon andalan yang sering ia ucapkan saat tampil, yaitu 'tidak goyang barbel melayang'.

6. Punya Bisnis Bakso

Kecintaannya dengan barbel juga menjadi inspirasi untuk bisnis kuliner miliknya. Agung mendirikan warung bakso yang dinamakan Bakso Barbel di Padalarang, Jawa Barat. Sesuai namanya, bakso tersebut berbentuk barbel dan dekorasi warungnya juga didominasi dengan bentuk barbel.



7. Pembawa Obor Asian Games 2018

Sebelum sakit, Agung sempat menjadi salah satu pembawa obor dalam acara pawai obor yang dilakukan oleh INASGOC. Ia membawa obor Asian Games 2018 di Solo, Jawa Tengah bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

8. Sakit Kanker Otak

Lama tak terdengar kabarnya, pada pertengahan bulan Juni 2019 muncul kabar bahwa Agung Hercules menderita kanker otak stadium 4. Penyakit tersebut rupanya telah diderita Agung selama setahun terakhir.

Berbagai bentuk pengobatan telah dijalani Agung, mulai dari operasi pengangkatan tumor, kemoterapi, radiasi, dan pengobatan alternatif. Badannya yang dulu kekar kini menjadi kurus, bahkan rambut gondrongnya pun sudah berganti menjadi kepala yang plontos.

Setelah setahun lebih berjuang melawan kanker otak, Agung wafat di Rumah Sakit Dharmais, Jakarta Barat petang ini, Kamis (1/8/2019). Jenazah Agung akan dimakamkan di Bandung, Jawa Barat.

Selamat jalan Mas Agung 'Santoso' Hercules!


Simak Video "Ini Keinginan Agung Hercules yang Belum Tercapai"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/lus)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com