Sosok Robby Ertanto, Sutradara yang Ditangkap Bareng Jefri Nichol

Virgina Maulita Putri - detikHot
Kamis, 25 Jul 2019 13:20 WIB
Sosok Robby Ertanto, Sutradara yang Ditangkap Bareng Jefri Nichol Foto: Robby Ertanto / IG
Jakarta - Selang sehari setelah ditangkapnya aktor Jefri Nichol karena kasus kepemilikan narkoba, seseorang yang disebut rekan Jefri dengan inisial RE juga ikut ditangkap. Rupanya rekan Jefri yang dimaksud adalah sutradara Robby Ertanto.

Saat Robby diamankan, polisi menemukan barang bukti ganja seberat 15 gram. Bagi penggemar film Tanah Air pasti sudah tidak asing dengan sosok Robby Ertanto. Ia sedang dekat dengan Jefri karena keduanya sedang menggarap film biopik The Exocet yang menceritakan kisah petinju legendaris Ellyas Pical.



Berikut fakta-fakta tentang Robby Ertanto yang ditangkap bareng Jefri Nichol seperti dirangkum detikHot dari berbagai sumber.

1. Lulusan Institut Kesenian Jakarta

Pria bernama lengkap Robby Ertanto Soesdikam ini merupakan lulusan Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Saat masih menimba ilmu di IKJ, ia menuliskan naskah film "7 Hati 7 Cinta 7 Wanita" yang menjadi debutnya sebagai sutradara.

2. Tidak Mendirikan Rumah Produksi

Robby tidak mendirikan rumah produksi (PH) Anak Negeri Film Indonesia. Sebelumnya Robby disebut mendirikan rumah produksi Anak Negeri Film Indonesia. Namun Robby merupakan sutradara PH Anak Negeri Film Indonesia bertajuk film '7 Hati 7 Cinta 7 Wanita'.

3. Menyutradarai Banyak Film

Sebelum menyutradarai film debutnya "7 Hati 7 Cinta 7 Wanita", Robby pernah menyutradarai segmen pendek di film Takut: Faces of Fear. Di film ini ia berkolaborasi dengan produser Hollywood, Bryan Yuzna dan San Fu Malta. Tidak hanya itu, ia juga pernah menimba ilmu dari penulis dan sutradara Tom Abrams yang pernah meraih nominasi Academy Award.

Setelahnya, Robby bekerjasama dengan aktris Wulan Guritno dalam film omnibus berjudul Dilema yang rilis pada tahun 2011. Sedangkan pada tahun 2018 ia merilis film Ave Maryam yang dibintangi oleh Maudy Kusnaedi.



4. Ikut Terjun ke Layar Kaca

Selain menyutradarai film, Robby juga menggarap FTV bertema kriminal yang tayang di salah satu stasiun televisi swasta. Selain Robby, program tersebut juga berhasil menggaet sineas kenamaan Indonesia seperti Salman Aristo dan Monti Tiwa.

5. Banyak Memenangkan Penghargaan

Film debutnya "7 Hati 7 Cinta 7 Wanita" berhasil mendapatkan beberapa nominasi di ajang penghargaan Festival Film Indonesia 2010 dan Indonesian Movie Awards 2011. Film ini bahkan berhasil memenangkan Piala Citra di kategori Pemeran Pendukung Wanita Terbaik untuk Happy Salma.

Selain itu, film Dilema yang dibintangi Wulan Guritno juga berhasil memenangkan penghargaan Best Feature Film di International Festival of Detective Film Moskow, Rusia.

6. Sedang Menggarap Film Biopik The Exocet

Saat ini Robby Ertanto sedang menggarap film biopik The Exocet yang menceritakan kisah petinju legendaris Ellyas Pical. Dalam film ini, Ellyas akan diperankan oleh Jefri Nichol.

Film tersebut rencananya akan mulai pengambilan gambar pada tanggal 24 Juli 2019. Tapi, karena sang bintang utama dan sutradara diciduk karena kasus kepemilikan narkoba, proses produksi pun ditunda hingga batas waktu yang belum diumumkan.

Artikel ini sudah dilakukan revisi pada Jumat (26/7/2019), terkait informasi pendiri PT Anak Negeri Film Indonesia. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

Simak Video "Dua Pemasok Ganja ke Jefri Nichol Ditangkap, Berprofesi Dokter dan Desainer"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/lus)