detikHot

celeb

5 Fakta Arswendo Atmowiloto yang Meninggal Akibat Kanker

Sabtu, 20 Jul 2019 14:02 WIB Niken Widya Yunita - detikHot
5 Fakta Arswendo Atmowiloto yang Meninggal Akibat Kanker/Foto: CNN 5 Fakta Arswendo Atmowiloto yang Meninggal Akibat Kanker/Foto: CNN
Jakarta - Arswendo Atmowiloto meninggal dunia Jumat (19/7/2019) akibat kanker prostat. Apa lagi fakta tentang Arwendo? Simak di sini.

Arswendo lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 26 November 1948. Arswendo menutup mata pada usia 70 tahun.



1. Nama Asli Sarwendo

Nama asli Arswendo yakni Sarwendo. Namanya diubah menjadi Arswendo karena dianggap kurang komersial dan pop. Lalu di belakang namanya itu ditambahkan nama ayahnya, Atmowiloto.

2. Mantan Wartawan

Biodata Arswendo merupakan mantan wartawan Kompas, Hai. Ia pernah mengelola tabloid Bintang Indonesia selama 3 tahun.

3. Penulis

Arswendo Atmowiloto juga dikenal sebagai penulis. Dia menulis cerpen, novel, naskah drama, dan skenario film. Karyanya yakni Keluarga Cemara, Ali Topan Anak Jalanan' (1997-1998), 'Deru Debu' (1994-1996), '1 Kakak 7 Ponakan' (1996), 'Jalan Makin Membara II dan III' (1995-1997), dan 'Imung' (1997).

4. Pernah Dipenjara

Arswendo pernah dipenjara karena jajak pendapat pada tahun 1990. Tabloid Monitor memuat hasil jajak pendapat tentang siapa yang menjadi tokoh pembaca. Arswendo terpilih menjadi tokoh nomor 10, satu tingkat di atas Nabi Muhammad yang terpilih menjadi tokoh nomor 11. Sebagian masyarakat Muslim marah dan terjadi keresahan di tengah masyarakat. Arswendo kemudian diproses secara hukum hingga divonis hukuman 5 tahun penjara.



5. Meninggal Akibat Sakit Kanker

Tiara, anak ketiga Arswendo Atmowiloto mengatakan sang ayah sudah lama sakit. Arswendo mengidap kanker kandung kemih selama setahun. Rencananya, Arswendo Atmowiloto akan dimakamkan di Sandiego Hills, Karawang.




Simak Video "Misa Pelepasan Arswendo Atmowiloto Diiringi 'Harta Berharga'"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com