detikHot

celeb

Kriss Hatta Divonis Bebas, Ini Kilas Balik Kisruh Pernikahan Hilda Vitria

Jumat, 05 Jul 2019 06:07 WIB Desi Puspasari - detikHot
Foto: hanif hawari Foto: hanif hawari
Jakarta - Kriss Hatta divonis bebas dari dugaan pemalsuan dokumen dan data pernikahan. Vonis hakim di Pengadilan Negeri Bekasi itu pun menjadi angin segar untuk Kriss Hatta.

Siapa sangka masalah ini sudah berjalan nyaris dua tahun.

1. Tuding Hilda Vitria Selingkuh dengan Billy Syahputra

Billy mengumumkan hubungannya dengan Hilda Vitria menjadi awal masalah Kriss Hatta. Kriss yang merupakan mualaf, merasa masih berstatus suami Hilda.

Punya bukti buku nikah, Kriss Hatta mengaku nikahi Hilda tahun 2015. Buku nikah itu pun dibenarkan oleh Kepala KUA Jatiasih, Muhammad Yusuf.

Namun, Hilda tetap menyangkal dan semakin geram merasa Kriss Hatta memfitnah dirinya. Hilda Vitria dan Billy Syahputra kompak menyebut buku nikah yang dipamerkan Kriss Hatta adalah palsu.



2. Hilda Vitria Ajukan Pembatalan Pernikahan

Hilda Vitria lantang menyebut Kriss Hatta bohong. Hilda yang juga mengecek ke KUA Jatiasih, di sana memang ada data pernikahannya dengan Kriss Hatta. Tapi, banyak data yang palsu.

Hilda pun mengajukan gugatan pembatalan pernikahan ke Pengadilan Agama Bekasi. Tanggal 8 Februari 2018 sidang tersebut digelar. Pada September 2018, gugatan pembatalan nikah yang diajukan Hilda Vitria ditolak hakim Pengadilan Agama Bekasi.


3. Kriss Hatta Dilaporkan Dugaan Pemalsuan Dokumen Nikah

Yakin menikahi Hilda Vitria, Kriss Hatta dituding melakukan pemalsuan data. Melihat namanya tercantum di buku register KUA Jatiasih, Hilda melihat nama sang ayah dipalsukan.

Dalam buku tersebut tertulis ayah Hilda bernama Tahirahman yang sebenarnya adalah Tahir Zaman Khan. Nama sang bunda yang seharusnya Rachmawati dan masih hidup ditulis almarhumah. Hilda juga mengklaim alamat dan tandan tangannya dipalsukan.

Kriss Hatta Divonis Bebas, Ini Kilas Balik Kisruh Pernikahan Hilda VitriaFoto pernikahan Kriss Hatta dan Hilda Foto: dok Instagram Lamis Corner


Selain itu tersebar juga video dan foto pernikahan Hilda dan Kriss Hatta. Hilda mengakui benar adanya foto tersebut, tapi bukan untuk ijab kabul. Foto tersebut saat dirinya menghadiri pernikahan adik Kriss Hatta.

Hilda pun sudah melaporkan Kriss Hatta pada September 2017 atas dugaan pencemaran nama baik dan pemalsuan dokumen pernikahan yang membawa Kriss Hatta jadi tersangka dan menjadi tahanan.


4. Kriss Hatta Juga Dilaporkan Ibunda Hilda Vitria

12 September 2018 ibunda Hilda Vitria juga membuat laporan ke Polda Metro Jaya. Sang bunda, Rachmawati dan Hilda Vitria membuat laporan dengan dugaan membawa kabur anak di bawah umur tanpa izin.

"Lapor dugaan tindak pidana anak dibawah umur tanpa izin anak orang tua," kata pengacara Hilda, Fahmi Bachmid saat itu. Kejadian itu terjadi saat Hilda masih berusia 19 tahun.

Kriss Hatta Divonis Bebas, Ini Kilas Balik Kisruh Pernikahan Hilda VitriaTangis Hilda Vitria Foto: Desi Puspasari/detikHOT



5. Hilda Vitria Dilaporkan Balik Kriss Hatta

Tidak mau kalah, Kriss Hatta akhirnya melaporkan balik Hilda Vitria dan Billy ke Polda Metro Jaya pada 25 September 2018. Pihak Kriss mengklaim punya bukti, salah satunya foto dan video yang bisa menjerat Hilda dan Billy.

Kriss Hatta melaporkan Billy Syahputra dan Hilda dengan dugaan perzinaan. Saat itu Kriss yang merasa masih berstatus suami Hilda, tak terima sang istri pergi berlibur dengan Billy ke luar negeri.


6. Kriss Hatta Ditahan, Diadili, dan Divonis Bebas

Atas laporan dugaan pemalsuan data pernikahan dengan Hilda Vitria, Kriss Hatta ditetapkan sebagai tersangka sejak 22 Oktober 2018. Sudah jadi tersangka, Kriss Hatta pun ditahan pada 9 April 2019.

Kriss Hatta ditahan di Rutan Bulak Kapal, Bekasi, Jawa Barat. Tiga bulan ditahan dan diadili, hari ini Kriss Hatta bisa bernapas lega.

Majelis hakim Pengadilan Negeri Bekasi memvonis Kriss Hatta tak bersalah. Dia pun divonis bebas.


(pus/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com