detikHot

celeb

Tangis Vanessa Angel hingga Harus Jalani Hukuman Tiga Hari Lagi

Rabu, 26 Jun 2019 19:42 WIB Imam Wahyudiyanta - detikHot
Vanessa Angel Foto: Deny Prastyo Utomo Vanessa Angel Foto: Deny Prastyo Utomo
Jakarta - Vanessa Angel divonis 5 bulan penjara. Hukuman ini lebih ringan dari tuntutan jaksa 6 bulan penjara.

"Menjatuhkan hukuman 5 bulan penjara dipotong masa tahanan," ujar Ketua Majelis Hakim Dwi Purwadi saat membacakan amar putusannya di Pengadilan Negeri Surabaya, Rabu (26/6/2019).

Majelis hakim menilai Vanessa telah terbukti bersalah melanggar Pasal 27 ayat (1) juncto Pasal 45 ayat (1) Undang-Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan atau Pasal 296 juncto Pasal 55 KUHP.

"Terbukti secara sah dan menyakinkan tanpa hak mendistribusikan dan atau mentransmisikan dan atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan atau dokumen elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan," kata Ketua Majelis Hakim Dwi Purwadi.

Saat majelis hakim mengetokkan palu, Vanessa langsung menangis. Selama hakim membacakan vonis, Vanessa memang sudah mulai terisak.

Isak tangis itu terdengar saat Vanessa berkonsultasi dengan kuasa hukum dan menerima putusan majelis.

Kuasa hukum Vanessa, Milano Lubis dan Khalisa Permatasari pun segera mendekati dan menenangkan Vanessa. Khalisha segera memeluk Vanessa.

"Tadi awalnya nangisnya dari perasaan. Dia bilang aku pingin pulang aja, nggak puas sama hasilnya. Dia berharap bebas," ujar Khalisa.

Salah satu kuasa hukum Vanessa, Abdul Malik mengatakan dengan dipotongnya masa tahanan, maka Vanessa tak lama lagi akan mengirup udara segar. Sebelumnya Vanessa sudah cukup lama berada di tahanan polisi dan kejaksaan.

"Vanessa ditahan sejak 31 Januari 2019. Insyaallah Sabtu (29/6) nanti akan keluar," ujar Abdul Malik.

Alasan Vanessa segera bebaslah yang membuat kuasa hukum Vanessa menerima putusan dan tak menerima banding.

"Kami lihat dari sisi Vanessa, tugas pengacara adalah tidak serta merta. Tadi dikonsultasikan Vanessa tidak kuat lagi menerima fakta-fakta hukum, jadi Vanessa ingin bebas. Jadi bukannya kita ndak mau, otomatis pribadi saya bertentangan dengan yang disampaikan mbak Vanessa, katanya tadi dia minta menerima," kata Abdul Malik.

Keputusan tidak mengajukan banding, kata Malik, sudah didiskusikan antara kuasa hukum dan Vanessa.

"Karena waktunya mempet, karena Vanessa istilahnya ingin cepet keluar, jadi kita pengacara tidak serta merta mencari popularitas kita mengatakan banding. Karena tadi sudah dirembuk," tandas Abdul Malik.


Simak Video "Muncikari Yakin Vanessa Angel Akan Bebas saat Ketok Palu"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed