detikHot

celeb

Didakwa Pengedar Narkoba, Steve Emmanuel Minta Nama Baiknya Dipulihkan

Senin, 24 Jun 2019 19:43 WIB Hanif Hawari - detikHot
Foto: Steve Emmanuel / Hanif Hawari Foto: Steve Emmanuel / Hanif Hawari
Jakarta - Steve Emmanuel membacakan pledoi atau nota keberatan usai dituntut 13 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Senin (24/6/2019).

Sempat didakwa sebagai pengedar narkoba, ayah satu anak itu minta agar nama baiknya dipulihkan oleh JPU. Tak hanya itu, Steve Emmanuel juga minta dibebaskan dari Rutan Salemba, Jakarta Pusat, tempat dirinya ditahan.

"Saya meminta kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk melepaskan saya dari Rutan Salemba. Memerintahkan kepada jaksa penuntut umum agar mengembalikan nama baik, harkat, dan martabat saya di masyarakat, serta membebankan biaya perkara ini kepada negara," ucap Steve Emmanuel.



Nota pembelaan berjudul 'Mengapa Saya Harus Disidang?' itu merupakan rasa keberatan Steve Emmanuel terhadap tuntutan yang sebelumnya diajukan JPU, yaitu 13 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar. Pasalnya, ia merasa kasus hukum yang menjeratnya tak sepenuhnya benar.

"Seperti yang ada pada fakta persidangan selama ini, telah membantahkan bahwa saya merupakan pengedar atau perantara jual beli narkotika berupa kokain," ucap Steve Emmanuel.

Meskipun begitu, dalam nota pembelaan itu pula, Steve Emmanuel meminta maaf pada majelis hakim karena telah menjadi pecandu narkoba. Pasal yang menjerarnya sebagai pengedar pun akhirnya sempat gugur di dalam persidangan.

"Memohon kepada majelis hakim yang mulia bahwa saya sangat menyesal menggunakan narkotika, saya ingin pulih, bertobat, dan agar saya pulih, sayang ingin direhabilitasi," ucap Steve Emmanuel.

Steve Emmanuel juga berharap majelis hakim bisa memutus kasusnya dengan seadil-adilnya.

"Jika majelis hakim memiliki pendapat lain, saya mohon kiranya keputusan yang seadil-adilnya dengan tetap menjunjung tinggi hak-hak dasar azas saya sebagai manusia. Demikianlah pledoi dari saya," ucap Steve mengakhiri nota pembelaannya.

Sebelumnya, Steve Emmanuel didakwa pasal 112 ayat (2) Undang Undang RI No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Steve pun dituntut 13 tahun penjara dan denda sebesar Rp 1 miliar, subsider enam bulan penjara.

Tonton video 'Beban Steve Emmanuel yang Harus Nafkahi Anaknya Meski dalam Bui':

[Gambas:Video 20detik]


(hnh/kmb)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com