Wawancara Eksklusif

Pandji Pragiwaksono: Semua Demi Uang

Prih Prawesti Febrian - detikHot
Jumat, 21 Jun 2019 14:25 WIB
Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta - Sepak terjang Pandji Pragiwaksono di dunia hiburan cukup luas. Mulai karier sebagai penyiar radio, kini Pandji juga dikenal sebagai artis multitalenta.

Untuk pecinta stand up comedi, nama Pandji Pragiwaksono masuk dalam jajaran pendiri adanya Stand Up Comedy Indonesia. Tidak hanya itu, sebelum menjadi komika, pada 2008, Pandji merilis album musik rap pertamanya berjudul 'Provocative Proactive'.

"Oya kapan pun ada peluang dapatkan tambahan pundi-pundi keuangan saya ambil kesempatan itu dengan segenap jiwa," ungkap Pandji saat ngobrol santai bareng detikHOT di kantor detikcom, Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan.



Dengan sikapnya yang penuh canda, Pandji menuturkan semua hal dia ambil jika memang sesuai dengan keinginannya. Tak dipungkiri, uang menjadi alasan kuatnya ketika itu.

Komika, penyiar, dan rapper, Pandji Pragiwaksono juga dikenal sebagai aktor. Baru-baru ini film terbaru yang dia bintangi 'Mendadak Kaya' sudah mulai tayang di bioskop.

"Plus saya mendapat kesempatan memerankan sebagai Otoy. Otoy itu, Otoy, Doyok, Ali Oncom kan bagian dari sejarah kami, hidup kami saat masih kecil. Senanglah mendapat kesempatan untuk memerankan tokoh legendaris itu. Tapi salah satunya adalah...," ungkapnya sambil bergaya seperti mengucurkan banyak uang logam.



Bicara soal kenyamanan, pria berusia 39 tahun itu mengatakan stand up comedy yang paling membuatnya merasa bebas. Berbeda dengan cara kerja job di dunia hiburan yang lainnya.


Video: Eksklusif! Pandji Pragiwaksono, Komika Kritis yang Nggak Takut Dikritik

[Gambas:Video 20detik]



"Kalau nyaman sih paling nyaman stand up karena itu lebih bebas, sendiri, artinya nggak ngorbanin yang lain. Kalau salah akting, salah dialog, nggak enak sama aktor lain, nggak enak sama lighting, nggak enak sama yang di lokasi. Kalau stand up lebih bebas, idealis, dan lebih langsung reaksinya," tuturnya.

Sebagai aktor, Pandji punya cara untuk memilih film yang ingin dia bintangi. Adanya tantangan yang dianggapnya menarik, Pandji Pragiwaksono juga akan mengambilnya.



"Kalau milih karakter sebenarnya lebih ke milih cerita apa yang saya ingin jadi bagian dari cerita tersebut. Terus milih produsernya, milih PH-nya, milih sutradaranya lebih ke itu aja sih," ucapnya.

"Cuma kalau misalkan ada tantangan yang menarik untuk dicoba kerjakan ya saya terima. Tentu itu tidak ada apa-apanya kalau tidak ada.... Jadi orang jujur aja oke, jujur aja," tukasnya sambil tertawa. (pus/nu2)