detikHot

celeb

Putra Mendiang Ustaz Arifin Ilham Sebut Ayahnya Tokoh Pemersatu

Minggu, 02 Jun 2019 04:38 WIB Desi Puspasari - detikHot
Foto: Dok. Instagram/yuni_syahla_aceh Foto: Dok. Instagram/yuni_syahla_aceh
Jakarta - Ustaz Arifin Ilham memberikan pesan untuk anak-anaknya menjaga perdamaian dan persatuan. Ternyata, saat jenazah Arifin Ilham disalatkan ada non muslim yang juga hadir.

"Ehm (Ustaz Arifin Ilham) sosok pemersatu. Contoh ketika kemarin sakit semua yang berbeda semua menyatu dan ketika jenazah Abi tiba di bandara semua yang berbeda itu sudah nggak mikir bedanya lagi, bagaimana abi bisa diterima di semua kalangan," ungkap Alvin, putra pertamanya kepada detikHOT saat diminta mendeskripsikan sosok sang ayah.

Menurut Alvin, selama hidupnya, sang Ayah selalu mengingatkan dua hal, yakni hidup ini cuma sebentar dan cintai umat. Bukan cuma umat Islam tapi semua umat.
Putra Mendiang Ustaz Arifin Ilham Sebut Ayahnya Tokoh PemersatuFoto: Ari Saputra

"Cintai semuanya, cintai yang berbeda dengan kita, bisa kita tunjukan. Salah satu bukti tidak semua keluarga istri Alvin ini muslim," ceritanya.

"Ketika salat mayit pertama di sini (di ruang tamu rumah) di sini ulama-ulama, itu ada non muslim mereka memisahkan diri. Karena kan para ulama membntuk saf salat mayit, dan mereka mengeluarkan kalung kepercayaan," tutur suami Larissa Chou itu.

Alvin pun terkenang, saat pertama kali dirawat di Rumah Sakit Pasar Rebo, politikus yang pertama menjenguk adalah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Setelah masuk RSCM, mulai banyak politikus yang datang.

"Nah di RSCM ini mulailah politikus mulai menjenguk, seperti ada Pak Sandi, Pak Jokowi, KH. Ma'aruf, Pak Prabowo, banyak sih. Alhamdulillah banyak menjenguk dan mendoakan," kenang Alvin.
Putra Mendiang Ustaz Arifin Ilham Sebut Ayahnya Tokoh PemersatuFoto: Asep Syaifullah/detikHOT

"Mereka kebanyakan cuma sekali-kali cuma yang berkesan di saya tetap Pak Anies. Pertama kali dan ketika jenazah almarhum Abi di Halim itu yang termasuk mengangkat dan berdoa di situ mengantarkan ke ambulans itu Pak Anies, ada Pak Anies, ada Pak Tito, Yusuf Mansyur, Ketua MPR, banyak," lanjutnya.

Selama hidup, ustaz Arifin Ilham tidak menjadikan keyakinan sebagai tolak ukur harus disayangi atau tidak. Selalu berbuat baik sesama umat beragama, cinta damai, itulah sifat sang ayah yang selalu diingat Alvin.

"Intinya cintai umat, cintai Rasul itu pesan yang selalu disampaikan ke kita. Doakan yang berbeda, jangan caci maki, jaga mulut, jaga persatuan," tegas Alvin.



(pus/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com