detikHot

Berita Terpopuler

Cerita Rano Karno Melenggang ke Senayan

Sabtu, 25 Mei 2019 07:16 WIB Desi Puspasari - detikHot
Rano Karno Foto: Bahtiar Rifai/detikcom Rano Karno Foto: Bahtiar Rifa'i/detikcom
Jakarta - Rano Karno namanya tak hanya berkibar di industri film. Sang aktor tahun ini optimis melenggang ke Senayan sebagai anggota legislatif.

Sebelum maju mencalonkan diri sebagai anggota legislatif, Rano Karno lebih dulu mencalonkan diri sebagai gubernur Banten pada 2017. Namun, Rano Karno gagal kembali menjadi gubernur.

Rano mencalonkan diri sebagai gubernur Banten pada Pilkada 2017 bersama Embay Mulya. Namun perolehan suaranya kalah dari Wahidin Halim-Andika Hazrumy.

Pantang menyerah, Rano Karno akhirnya mencalonkan diri sebagai caleg dari PDI Perjuangan untuk Dapil Banten. Dewi fortuna kini berpihak kepadanya.

Dia menganggap ini adalah metamorfosis untuk dirinya. Di awal kali dirinya meniti karier tak pernah terlintas dirinya bisa masuk ke dunia politik.

"Sebetulnya saya pun tak pernah menyangka bahwa saya bisa masuk ke dalam politik. Tapi saat saya masuk ke dalam dunia politik juga saya tidak main-main, terbukti saya ini gelarnya S.I.P. nama saya Rano Karno, S.I.P., Sarjana Ilmu Politik. Artinya politik, bagi saya, saya pelajari," jelas Rano Karno saat berbincang dengan detikHOT di Gedung Trans TV, Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan.




Tak dipungkiri saat masuk pertama kali ke dunia politik, Rano Karno merasa terkejut. Dia pun tak pernah menyangka bisa ada sampai pada posisi itu.

"Memang pertama kali saya awam, saya masuk politik saya juga agak terkejut, 'kok saya bisa ada di sini ya?'. Tapi mungkin karena waktu itu sistem yang kita anut memungkinkan siapapun bisa menjadi, bisa dipilih dan bisa memilih. Mungkin itu yang bisa saya jawab," akunya.

Tak Mau Tinggalkan Film

Saat menjabat sebagai Gubernur Banten, Rano Karno, memang vakum dari dunia hiburan yang membesarkan namanya. Tapi tidaak dengan sekarang jika dirinya benar-benar menjabat sebagai anggota dewan.

"Tentu tidak saya tinggal. Dulu waktu saya jadi gubernur memang dunia film saya tinggal. Kalau sekarang, Sabtu Minggu kan mungkin bisa kerja," ungkap Rano Karno.

Merujuk pada artis yang juga menjadi anggota DPR RI, seperti Eko Patrio dan Anang Hermansyah, mereka masih tetap bisa melakoni profesinya sebagai artis.

"Kalau kita bisa lihat bahasanya Mas Eko saja masih bisa melawak, Mas Anang, tapi memang komit presentase harus fokus pada kepentingan dewan," tegasnya.

Rano Karno memulai karier politiknya dengan menjabat sebagai Wakil Bupati Tangerang dengan masa jabatan 2008-2011. Kemudian, dia melaju sebagai Wakil Gubernur Banten dengan masa jabatan 2012-2014 mendampingi Ratu Atut Chosiyah.


Tonton video Eksklusif! Metamorfosis Rano Karno, dari ''Si Doel'' Jadi Pejabat Negara:

[Gambas:Video 20detik]


Cerita Rano Karno Melenggang ke Senayan

(dar/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed