detikHot

Berita Populer

Aksi 22 Mei di Mata Para Artis

Kamis, 23 Mei 2019 09:24 WIB Nugraha - detikHot
Foto: Logo Sarinah rusak (Lisye/detikcom) Foto: Logo Sarinah rusak (Lisye/detikcom)
Jakarta - Aksi 22 Mei 2019 terjadi di depan gedung Bawaslu dan sekitaran Tanah Abang. Massa demonstran terlihat melempari Polisi dengan batu dan petasan.

Gara-gara hal itu, polisi pun terpaksa menembakkan gas air mata dan water cannon. Melihat kericuhan yang terjadi itu membuat banyak beberapa artis ikut miris melihat peristiwa tersebut.

Seperti yang di posting oleh David 'Naif'. Dia memperlihatkan lukisan Joko Widodo dan Prabowo Subianto berangkulan. Aksi 22 Mei ini diharapkan benar-benar menjadi aksi damai.



"Udah yuk rukun lagi," tulis David dalam postingan di akun Instagramnya dilihat detikHOT, Rabu (22/5/2019).

Tidak hanya David, kekasih Chef Juna, Atries Angel juga merasa sangat prihatin. Melihat massa yang terus saling lempar, Atries mengingatkan masih ada keluarga mereka yang menanti di rumah.

"Udahan atulah yang demo2 nya, mending pulang ke rumah sahur bareng keluarga yuuk. Semangat yaa pak polisi, pasti ga sempet sahur nii mrk. Astagfirullah udahan atu lempar2 petasannya," tulis Atries Angel.



Artis Dimas Beck juga mengingatkan soal bagaimana cara menyampaikan aspirasi tanpa harus membuat takut orang lain. Setiap orang punya aktivitas berbeda-beda.

Aa Gym dari Tanah Suci juga berpesan jangan sampai terjadi kerusuhan di Indonesia. Jangan sampai negara ini terpecah belah hanya karena perbedaan pendapat.

Ada juga Gofar Hilman yang awalnya merasa deg-degan saat harus tetap siaran ke kantornya di Sarinah, Jakarta Pusat. Tapi, setelah sampai di lokasi dia justru melihat pemandangan yang beda.

Aksi 22 Mei di Mata Para ArtisFoto: Gofar Hilman (dok.pri)


Cowok yang berprofesi sebagai penyiar radio itu, memilih naik angkutan umum menuju kantornya di Sarinah. Tapi, ternyata masih banyak teman-temannya yang membawa mobil meski tak bisa masuk ke parkiran kantor.

"Gue naik kereta tadi di Gondangdia sepi-sepi aja. Ojek online juga dapat aja. Pas sudah jam 7 katanya Tanah Abang chaos jadinya agak shock di situ," ungkap Gofar kepada detikHOT melalui sambungan telepon.

Novita Angie juga tetap ngantor di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat. Tempat kerja Novita Angie berada tepat di depan Bawaslu.

Sempat mengabadikan kondisi terkini di depan Gedung Bawaslu, pulang dari siaran, Novita Angie memilih jalan kaki di sepanjang trotoar. Dia berjalan di antara aparat yang sedang berjaga dan massa yang ikut maupun hanya menyaksikan aksi 22 Mei.



Namun ada beberapa tempat yang diliburkan. Aksi 22 Mei membuat berbagai aktvitas terhenti. Tak sedikit pusat perbelanjaan dan kantor yang tutup untuk sementara. Merespons momen yang sama, Museum MACAN pun memutuskan menutup museumnya.

"Museum MACAN tutup hari ini (22 Mei 2019). Teman MACAN, tetap waspada dan jangan lupa berdoa untuk keamanan Jakarta!" tulis akun Museum MACAN.

Di tengah aksi 22 Mei yang berlangsung sejak kemarin, ada satu pemandangan yang menjadi viral di media sosial. Ketika petugas Polri sedang terlihat lelah dan video call dengan anaknya.

Pemandangan tersebut dipotret oleh fotografer Agung Wilis Yudha Baskoro yang diposting di akun Instagramnya. Banyak masyarakat yang terharu melihat hasil foto tersebut.

Komikus Sheila Rooswitha Putri menciptakan pemandangan ulang lewat ilustrasi yang tak kalah menyentuh. Namun bedanya bukan sedang video call, tapi anak dari petugas tersebut sedang berpelukan sambil berkata, 'pulang ya pak'.

"Doa saya menyertai bapak-bapak POLRI dan TNI yang sedang berjuang menjaga keamanan Indonesia. Selamat bekerja, keluarga menunggu di rumah. Gambar terinspirasi dari foto @masagungwilis yang viral di sosial media. #bravotni #bravopolri #nkri #indonesia," tulis Sheila di akun Instagram.
(nu2/wes)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com