detikHot

celeb

Putri Tom Cruise dan John Travolta Anggota Diperhitungkan, Apa Itu Scientology?

Rabu, 22 Mei 2019 04:24 WIB Delia Arnindita Larasati - detikHot
Tom Cruise Foto: Pascal Le Segretain/Getty Images Tom Cruise Foto: Pascal Le Segretain/Getty Images
Jakarta - Sudah bukan rahasia, Tom Cruise dan John Travolta adalah selebriti penganut Scientology yang paling taat. Kini, putri dari keduanya pun mengikuti jejak sang ayah.

Bahkan, Bella Cruise (anak angkat Tom dan Nicole Kidman) dan Ella Bleu Travolta menjadi anggota yang diperhitungkan dalam organisasi tersebut. Hal tersebut diungkap oleh jurnalis Tony Ortega melalui blognya.

Pada Maret 2019 lalu, Bella Cruise mengizinkan namanya dipakai untuk mempromosikan Scientology ke khalayak melalui email. Ia bahkan menulis testimoni panjang tentang kehidupannya yang kini berubah setelah diangkat sebagai auditor.

Menurut Ortega, sebagai mantan anggota Scientology, untuk menjadi auditor, para anggotanya harus menjalani pelatihan yang keras dan brutal. Auditor bertugas untuk membantu anggota Scientology lain melalui sesi pemeriksaan diri yang sangat intens dengan alat bernama E-meter.

"Ternyata semua ini yang aku perlukan. Ini yang sudah lama kucari. Bagian yang hilang. Kini semuanya menjadi semakin jelas," ungkap Bella dalam testimoninya.

Tak berbeda dengan Bella, Ella pun diketahui mulai membesarkan namanya di Scientology. Ia menghadiri perayaan Dianetics Day, dan berfoto bersama seorang pria bernama Antonio Rosales yang merupakan 'Top Producer Book One Auditor'.
John TravoltaJohn Travolta Foto: Emma McIntyre/Getty Images

"Dengan kata lain, Ella berhasil berpose di samping selebriti Scientology karena sudah menghasilkan banyak uang," ujar Ortega.

Tak seperti Bella, Ella memiliki caranya sendiri untuk diperhitungkan di Scientology. Ia beberapa kali kerap ikut menghadiri acara penting yang didatangi oleh John Travolta, bahkan muncul di film bertajuk 'The Poison Rose' yang diperankan oleh sang ayah.

Walaupun begitu, tak dijelaskan apakah Bella dan Ella terpengaruh dengan hubungan John Travolta dan Tom Cruise yang dikabarkan memburuk karena Scientology. Kedua aktor disebut bersitegang soal siapa yang paling diperhitungkan di organisasi tersebut.

Scientology adalah sekumpulan ajaran dan teknik terkait yang dikembangkan oleh pengarang Amerika, L. Ron Hubbard selama sekitar 30 tahun, dimulai pada 1952 sebagai suatu filosofi pertolongan diri sendiri, perkembangan dari sistem pertolongan diri-sendirinya yang lebih awal, Dianetika.

Ajaran ini mengklaim menawarkan suatu metodologi yang pasti untuk menolong manusia mencapai kesadaran keberadaan rohaninya melintasi beberapa masa hidupnya. Pada saat yang bersamaan, juga untuk menjadi lebih efektif di dunia fisik.

Nama Scientology juga digunakan untuk merujuk kepada Gereja Scientology yang kontroversial, organisasi terbesar yang mempromosikan praktik Scientology. Gereja ini sendiri adalah bagian dari jaringan korporasi terkait yang mengklaim pemilikan dan wewenang tunggal untuk menyebarkan Dianetika dan Scientology.

Scientology jadi perbincangan setelah ada kabar menyebutkan Tom Cruise dan Katie Holmes bercerai karena hal tersebut.



(dal/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com