detikHot

celeb

Cerita Ustaz Solmed Terinspirasi Kisah Hidup Kuli Panggul

Minggu, 19 Mei 2019 20:00 WIB Hanif Hawari - detikHot
Foto: Desi/detikHOT Foto: Desi/detikHOT
Jakarta - Ustaz Solmed berbagi kisah inspiratif yang selalu terbayang di benaknya selama bulan Ramadhan ini. Ayah tiga anak itu rupanya kagum dengan kehidupan para kuli panggul yang sering ada di pinggir jalan.

"Saya kadang-kadang (kagum) kalau pas arah ke Bogor atau daerah Cibubur, itu di sana ada tukang kuli panggul yang suka bawa pacul tuh, kuli tanah," ujar Ustaz Solmed kepada detikHOT, belum lama ini.



"Buat saya jadi pelajaran hidup ya. Gimana mereka nggak kenal lelah untuk mencari nafkah untuk anak istrinya," sambungnya lagi.

Suami April Jasmine itu takjub dengan kegigihan kuli panggul dalam bekerja. Pasalnya, menurut Ustaz Solmed, mereka selalu dihantui dengan ketidakpastian.

"Ya suka dukanya pasti yang saya dapat dari mereka, nggak semua truk-truk pasir itu mau. Karena bisa jadi truk pasirnya itu udah ada kuli pasirnya. Jadi mereka memang benar-benar bertaruh dengan rejeki di situ tuh. Jadi benar-benar bertaruh dengan nasib, rejeki," kata Ustaz Solmed.



Ada banyak pelajaran yang dipetik Ustaz Solmed dalam kisah hidup para kuli panggul. Salah satunya tentang keyakinan terhadap Sang Penyedia Rezeki.

"Pelajarannya adalah mereka hidup dalam spekulasi. Tapi namanya rejeki tuh nyampe aja. Namanya rejeki dapet aja dan dijamin sama Allah. Yang lewat ada apa nggak, nggak tahu. Kalaupun lewat kira-kira butuh apa nggak, nggak tahu. Tapi mereka tetap aja gitu istiqomah. Ngetem. Dan ternyata dapet. Rejeki tuh datang. Dikasih sama Allah," ucap Ustaz Solmed.

"Meskipun nggak seberapa tapi mereka hidup. Anak mereka hidup, istri mereka hidup. Nah ini pelajaran betapa rejeki itu sudah dijamin. Asalkan mau berusaha," tutupnya.
(hnh/wes)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com