detikHot

celeb

Cerita Anji yang Shock Dengar Sigra Didiagnosa Autism Spectrum Disorder

Jumat, 17 Mei 2019 03:25 WIB Mauludi Rismoyo - detikHot
Foto: Ismail/detikHOT Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta - Penyanyi Anji mendadak membagikan cerita soal anaknya, Sigra, yang didiagnosa mengidap Autism Spectrum Disorder (ASD) level ringan. Dia menceritakan itu bersama sang istri, Wina Natalia, di channel YouTube miliknya.

Wina langsung menceritakan awal mula Sigra didiagnosa autis. Awalnya, dia mengira kalau Sigra bakal seperti kakaknya, Saga, yang punya masalah soal terlambat bicara atau speech delay saja.

"Tapi untuk yang tengkurap, duduk, berdiri, jalan itu dia tepat waktu deh, tepat sesuai dengan perkembangan. Tapi kami pada saat itu tenang karena kakak-kakaknya semua juga telat bicara dan baru bicara sesudah 2,5 tahun. Salva, Sultan, Saga semuanya telatlah. Jadi saya pikir ya sudah mungkin kayak kakak-kakaknya ya. Benar-benar nggak ada kepikiran," ujarnya dalam video, saat dikutip detikHOT.

Namun setelah usia Sigra 2,5 tahun, ternyata hasilnya masih sama. Sigra disebut Wina tetap tak bisa bicara. Selain itu, Sigra juga dikatakan menjadi tantrum. Akhirnya, dia membawa Sigra ke dokter tumbuh kembang di kawasan Cibubur untuk mengetahui masalah apa yang terjadi.

"Intinya dokternya hanya bilang pada saat itu adalah Sigra speech delay dan kurang fokus dan disarankan untuk terapi di ada tempat terapi di Cibubur juga," tuturnya.

Setelah itu, Wina mengikuti saran dokter untuk memulai terapi ke Sigra. Sempat merasakan ada perkembangan terkait speech delay, tapi ternyata Sigra disebut masih suka tantrum. Wina pun dibuat bingung lagi atas kejanggalan tersebut.

"Kita jalani terapi itu selama kurang lebih hampir setahun. Setelah setahun kok ini gini terus maksudnya nggak ada sesuatu perkembangan. Kita bawa ke mall dia bisa marah-marah. Ya orang ngelihat dipikir kami punya anak habis diapain," ucapnya.

Setelah satu tahun Sigra tak berhasil diterapi, Wina dan Anji berkunjung ke dokter lain. Lalu di situ, mereka terkejut sekali saat Sigra didiagnosa autis.

"Jadi setelah satu tahun aku bawa dia ke tempat lain di Pela 9, aku ketemu sama ada psikolog, dokter anak, dan psikiater, lengkap. Dan baru dari situlah pertama kali aku mendengar bahwa Sigra itu didiagnosa Autism Spectrum Disorder level 1 itu level paling ringan," kata Wina.

"Di situ hah benar nih ASD karena sudah setahun bahkan ke dokter pun dibilang nggak pernah aku mendengar kata-kata autis. Bahkan terapi setahun pun aku tidak pernah mendengar terapisnya bilang kata-kata autis, jadi memang aku pikir selama ini dia hanya speech delay biasa. Tapi pada saat didiagnosa gitu kaget," lanjutnya.

Sigra merupakan anak kelima dari Anji dan Wina.
(mau/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com