DetikHot

celeb

Sangkal Miliki Kokain, Steve Emmanuel Ingin Uji Forensik Lagi

Kamis, 16 Mei 2019 18:55 WIB  ·   Hanif Hawari - detikHOT
Sangkal Miliki Kokain, Steve Emmanuel Ingin Uji Forensik Lagi Steve Emmanuel (Foto: Ismail/detikFoto)
Jakarta - Steve Emmanuel masih menyangkal memiliki dan menyelundupkan narkoba jenis kokain. Ia berencana meminta izin kepada majelis hakim untuk melakukan tes forensik lagi.

Namun sayang, sidang terpaksa ditunda karena dua orang anggota hakim tak bisa hadir.

"Kita tadinya ingin request di sidang ini, boleh nggak majelis hakim untuk menguji forensik lagi, ini barang bukti apa, ini jenis narkotika apa?" ucap kuasa hukum Steve Emmanuel, Firman kepada wartawan saat ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Kamis (16/5/2019).

Tapi, Firman masih ragu permintaannya itu akan disetujui oleh hakim. Kalau memang ini semua demi keadilan dan barang yang dimiliki oleh Steve Emmanuel benar kokain, kuasa hukum meminta agar semuanya bisa dibuktikan.

"Tapi kita nggak tahu hakim menyetujui atau nggak karena apa ini demi keadilan. Kalau memang bukan kokain, ya harus disampaikan dalam tuntutan dan vonis itu bukan kokain. Artinya Steve sebagai murni pengguna, namanya pengguna itu harus direhabilitasi. Namun didakwaan itu seolah-olah semuanya berat semuanya, hukumannya pun paling berat seperti pengedar dan pabrikan ada jual ada beli, tapi kan alat pembuktiannya nggak ada semaunya," ungkap Firman.

"JPU belum membuktikan dan menyampaikan dan saya meyakini tidak ada (kokain) karena belinya dari mana tidak tahu, dijual ke siapa tidak tahu, ada transaksi tidak ada, transaksi Steve ke rekening dan lain-lain tidak ada. Nah itu yang coba kita paparkan, kita meyakini Pasal 114 tidak terbukti dipersidangan, kami meyakini sekali pasal yang berat tersebut tidak terbukti," tukasnya.


Tonton juga: Kuasa Hukum Pertanyakan Bahan Bukti, Sidang Steve Emmanuel Ditunda

[Gambas:Video 20detik]



Steve Emmanuel diamankan Timsus 3 Narkoba Polres Metro Jakarta Barat di Kondominium Kintamani A/17/6 RT 001/RW 014 Mampang, Jakarta Selatan, Jumat (21/12) malam. Dari penangkapan tersebut, polisi mengamankan 92,04 gram kokain.

Steve membawa kokain tersebut langsung dari Belanda dengan cara menyelundupkannya ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta. Atas perbuatannya tersebut, ia terancam hukuman pidana penjara minimum 5 tahun dan maksimum seumur hidup atau hukuman mati.



(hnh/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed