detikHot

celeb

Idap Batu Ginjal, Ini Pantangan untuk Dorce Gamalama

Rabu, 15 Mei 2019 11:34 WIB Hanif Hawari - detikHot
Foto: 20Detik Foto: 20Detik
Jakarta - Batu ginjal yang diidap Dorce Gamalama masih terbilang kecil. Meski begitu, ia harus bisa menjaga pola makannya agar penyakit tersebut tidak semakin parah.

Beberapa hal yang dilarang oleh dokter adalah Dorce Gamalama tak boleh mengkonsumsi segala jenis makanan bersantan dan berlemak.



"Parah sih nggak. Waktu di USG batunya tuh masih kecil-kecil gitu. Cuma saya nggak boleh makan santan, nggak boleh makan yang berlemak," ujar Dorce Gamalama kepada detikHOT, Rabu (15/5/2019).

Untuk menghilangkan batu ginjalnya itu, Dorce Gamalama tengah berjuang dengan cara mengonsumsi obat tradisional. Ia tak ingin langsung menjalani operasi seperti apa yang disarankan oleh dokter.



"Iya, kalau bisa kan kenapa nggak. Kan bisa pakai obat-obat yang Arab, dan lain-lain. Pokoknya intinya, jangan makan santan sama berlemak, itu doang," kata pelaku transgender itu.

"Sekali-kali pengin juga sih, saya orang Padang kagak makan sambal gimane...(gitu) apalagi kalau sudah ada jengkol. Masyaallah," lanjut Dorce Gamalama seraya tertawa.

Bersyukur, Dorce Gamalama masih produktif. Untuk berpergian pun, ia mengaku masih kuat.


Tonton juga: Dorce Gamalama Idap Batu Ginjal, Jalani Operasi Usai Lebaran

[Gambas:Video 20detik]




Meskipun sempat merasakan sakit yang luar biasa di bagian punggung dan pinggangnya, tapi hal tersebut sudah mulai membaik akibat mengkonsumsi obat tradisional.

"Tapi alhamdulillah sih masih produktif. Alhamdulillah masih kuatlah. Kemarin waktu launching album juga alhamdulillah masih banyak teman-teman yang dateng gitu," pungkas wanita 55 tahun itu.
(hnh/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed