detikHot

celeb

Rudy Djamil Sosok di Balik Nama Iwan Fals

Minggu, 12 Mei 2019 22:31 WIB Sudrajat - detikHot
Foto: dok Twitter DjamilRudy Foto: dok Twitter DjamilRudy
Jakarta - Nama Iwan Fals diberikan Engkus Kusnadi, 58 tahun. Engkus mengaku kerap 'menjajakan' Iwan remaja ke berbagai acara. Engkus kepincut pada Iwan, karena Iwan, yang saat itu masih menjadi pelajar SMA 5 Bandung, pandai bernyanyi dan piawai bermain gitar.

Suatu malam pada 1970-an, Engkus mengajak Iwan mendatangi tempat perpisahan alumni SMEA di Jalan Wastukencana. Acara yang dipandu Rudy Djamil itu menampilkan kelompok band kenamaan The Rollies, yang juga disukai Iwan.

Kepada Rudy, Engkus menyebut punya sobat yang jago main gitar dan bisa nyanyi. Ia meminta Rudi menyelipkan penampilan sang sobat dalam acara itu. Namanya? "Iwan Fals," sebut Engkus kepada Rudi.

"Saya menambahi nama 'Fals' sebagai antisipasi biar penonton tidak marah kalau suaranya fals karena grogi," ujar Engkus dalam fokus majalah detik edisi 92, saat ditemui di kediamannya di pinggiran Sungai Citarum, Soreang, Bandung, 30 Juli lalu.

Kini, Rudy yang merupakan host dan komedian itu meninggal dunia. Ia meninggal di Bandung sore tadi sekitar pukul 15.00 WIB.

"Selamat jalan Kang Rudy Djamil, komedian, penyiar radio, MC, dan aktor tutup usia hari ini. Beliau pernah ikut jadi bintang tamu di album Bimbo," tulis Adib Hidayat di Twitter.

(jat/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed