detikHot

celeb

Bercucuran Air Mata, Donita Ceritakan Alasan Dirinya Berhijab

Jumat, 10 Mei 2019 10:53 WIB Desi Puspasari - detikHot
Foto: dok. Instagram Donita Foto: dok. Instagram Donita
Jakarta - Sebelum akhirnya berhijab, Donita sudah beberapa kali mendapatkan kisah dan cerita dari para sahabatnya. Namun, itu semua tak kena menyentuh hatinya.

Namun ada momen saat anak pertamanya, Athariz Alfarizqi Svarga Nugroho, menegur dirinya yang hendak pergi. Diungkapkan dalam channel YouTube Adi Donita Svarga, Donita mengatakan anaknya yang saat itu masih berusia dua tahun, menegurnya karena menggunakan rok di atas lutut.

"Dia cuma bilang 'Moma moma kamu nih macuk kamar canah, kamu nggak copan', 'Kok nggak sopan sih?', 'Iya nggak copan, pakai celana dong'. Karena aku selalu ngajarin dia saat dia nggak mau pakai celana hanya pakai diapers aku selalu bilang malu, nggak sopan. Ternyata itu dibalikan (dikembalikan-red) ke diri aku," cerita Donita dilihat detikHOT, Jumat (10/5/2019).




Donita pun langsung kembali ke kamar dan mengganti dengan menggunakan celana. Akan tetapi, Svarga kembali bertanya mengapa dirinya tidak memakai kerudung, padahal perempuan harus menggunakan kerudung.

Bahkan saat melihat dirinya memakai kerudung, Svarga tak canggung untuk memberikan pujian padanya.

"Itu kayak ada satu kayak peringatan bukan ya? Ya mungkin ini kali ya. Aku sempat cerita ke teman-teman, sama Adi. Adi sempat yang 'nah kan nggak perlu capek-capek, terus aku sempat bercandain gitu jangan-jangan ini request kamu," ungkapnya.

Hingga sampai pada suatu malam, Donita bercerita dirinya diberikan sebuah mimpi yang membuatnya sangat takut. Air mata pun tak tertahan menetes dari wajahnya hingga sesenggukan.

"Di mimpi aku tuh Svarga bilang sama aku kalau 'Duh kamu pakai kudung dong kalau kamu nggak pakai kudung aku gimana?'. Terus aku tanya sama dia, 'Gimana apanya nak?', 'Nanti kalau misalnya kamu nggak pakai kudung aku dipukulin lho, nanti aku kesakitan lho, nanti aku gimana?'," cerita Donita sambil menangis sesenggukan.


Tonton juga: Sambil Menangis Sesenggukan, Donita Ceritakan Alasannya Berhijab

[Gambas:Video 20detik]





Saat sadar, Donita merasa kaget dan langsung ke kamar sang anak. Melihat anaknya sedang tidur, Donita hanya bisa memeluknya.

Mulai saat itu dia merasa, bukan hanya ayah, suami, dan saudara laki-lakinya yang akan menanggung dosa dirinya. Akan tetapi, anak-anaknya juga akan menanggung dosa jariyah karena dirinya tidak menutup aurat.

Sempat berpikir untuk memakai hijab usai melahirkan anak kedua, Donita masih belum bisa menetapkan hatinya. Kala itu, cobaan yang dia alami pun sangat banyak.

"Pas lahiran anak kedua, cobaannya Masya Allah, anak ku yang baru lair masuk NICU, Svarga sakit barengan, anak masuk NICU dua kali. Aku sempat mikir udah diingetin sama Svarga, ini apa dosa aku. Aku sampai mikir kenapa anak-anak aku yang harus nanggung kalau ini dosa aku?" sesalnya.



Akhirnya Donita semakin yakin berhijab ketika dirinya jatuh sakit. Sang suami, Adi Nugroho mengatakan mungkin ada tugas yang seharusnya Donita selesaikan tapi masih terus diabaikan.

"Adi cuma bilang ya mungkin ada hal yang perlu kamu laksanakan tapi belum kamu laksanain, aku nggak tahu, kamu juga nggak tahu. Karena alasan-alasan itu, niat aku untuk menekan hijab dari saat aku menginjak usia 30 tahun," tukas Donita.
(pus/nkn)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com