detikHot

celeb

Pertama Kali Ikut Pemilu, Ini Tips dari Iqbaal Ramadhan agar Tidak Bingung

Rabu, 17 Apr 2019 09:55 WIB Desi Puspasari - detikHot
Foto: Asep Syaifullah Foto: Asep Syaifullah
Jakarta - Iqbaal Ramadhan antusias menyambut Pemilu 2019. Sebagai generasi muda, Iqbaal semangat mengajak anak muda Indonesia untuk tidak golput.

Di usianya yang menginjak 19 tahun, dipastikan ini adalah kali pertamanya Iqbaal mengikuti pemilihan presiden dan wakil presiden untuk Indonesia. Banyaknya komentar terhadap pasangan Joko Widodo-Ma'aruf Amin serta Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, tentu akan mempengaruhi opini masing-masing.

"Generasi millenal, generasi Z, siapapun itu, jangan gampang percaya dengan sesuatu, entah dari omongan orang, cuma baca dari satu berita doang, cuma Instagram, akun-akun berita dan lain-lain," ucap Iqbaal Ramadhan kepada detikHOT.



Menurut bintang film 'Dilan 1991' itu, era modern dan kaya dengan kemajuan teknologi seperti sekarang sangat mudah membuat hoax. Alhasil kabar burung itu bisa membentuk pikiran orang yang mendengarnya dan percaya.

"Jadi harus dilihat dari abu-abu, kalau misalkan pilih presiden gue dengar dari kata orang gini, oh gue baca dari satu berita gini, karena everything pasti punya dua sisi. Dari sisi orang yang diceritakan dan sisi orang yang bercerita," jelasnya.

Iqbaal mengingatkan untuk rajin membaca. Sebuah berita tidak bisa dilihat kebenarannya hanya dengan sekali membaca.

"Jadi jangan gampang percaya omongan orang, cari buktinya, kalau baca berita tuh tiga, empat kali baca karena berita pun punya pihak mana dipilih, kalian harus punya pendirian, jangan gampang digoyah sama orang," tegas cowok yang kini dekolah di Australia itu.

"Gue maunya ini, gue tahunya ini yang terbaik buat gue, kalau ada yang nggak setuju it's ok," tukasnya.
(pus/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com