detikHot

celeb

Pose Pakai Mukena, Salmafina Sunan Bicara Panjang Lebar soal Hijab

Minggu, 14 Apr 2019 19:45 WIB Hanif Hawari - detikHot
Foto: Salmafina Sunan / Veynindia E. Pardede Foto: Salmafina Sunan / Veynindia E. Pardede
Jakarta -
Salmafina Sunan beberapa kali menggemparkan publik lewat perilakunya yang sensasional. Kini, putri Sunan Kalijaga itu terlihat menunjukkan pose wajahnya yang dibalut mukena berwarna putih.
"Untuk yang rindu. Yuk dzuhuran dulu. Karena dengan tidak berhijab, tidak mengurangi tingkat ke religiusan seseorang," tulis Salmafina Sunan dalam keterangan foto, seperti dilihat detikHOT, Minggu (14/4/2019).
Salmafina Sunan menyebut banyak orang yang menghakimi orang lain dengan penampilan luarnya saja. Dalam hal ini, perempuan yang berhijab, kata Salmafina Sunan, kerap dinilai lebih alim daripada yang berpakaian terbuka.
"Sebagai simbol agama, hijab seringkali dijadikan standar. Sudah menjalankan salah satu kewajiban umat Islam, yaitu dengan memakai hijab, sering membuat sebagian dari kita merasa memiliki ilmu agama yang lebih tinggi," sambungnya lagi.
"Dari sini mungkin juga muncul hasrat merasa paling benar sendiri. Lalu kita mulai mengritik dia-dia yang mengaku islam yang belum berhijab," kata Salmafina Sunan.


Padahal, menurut mantan istri Taqy Malik itu, hijab bukanlah jaminan seorang perempuan berakhlak lebih baik. Sebagai penutup, Salmafina Sunan pun mengimbau masyarakat untuk tidak mudah menghakimi seseorang hanya dengan penampilannya saja.
"Namun apakah sudah jaminan bahwa dia yang berhijab selalu lebih baik dan lebih rajin mengaji daripada dia yang tidak berhijab?" ungkapnya.
"Mengingatkan saudara seiman memang kewajiban, namun menghakimi bukanlah porsi kita. Sebab, Hijab adalah perwujudan relasi antara seseorang dengan Tuhan. Kita tak perlu mengintervensi," pungkas Salmafina Sunan.



(hnh/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com