detikHot

Berita Populer

Kisah Pandji Pragiwaksono dan Video 'Benci Hewan Gembel'

Senin, 08 Apr 2019 07:26 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Pandji Pragiwaksono menuai kontroversi lewat video yang berasal dari materi stand up komedinya beberapa waktu lalu. Bukan lagi soal politik maupun Prabowo atau Jokowi yang dipilihnya, namun terkait dengan binatang.

Ia menyebut kata 'benci hewan gembel' yang membuat komunitas peduli satwa memprotesnya. Awalnya dari video yang beredar, Pandji menyebut kucing sebagai salah satu hewan yang dibencinya.


Penulis yang baru saja meluncurkan buku 'Septictank' ini juga menyebut kucing sebagai hewan yang paling gembel. Ada satu pernyataan yang membuat Garda Satwa Indonesia melayangkan surat terbuka.

"Bahkan banyak hewan yang gue benci. Benci sampai ke hati. Hewan yang gue benci ini adalah hewan gembel, hewan yang hidupnya dari sampah kita. Tahu kan lo hewan yang kerjanya ngemis, minta-minta. Salah satu yang paling gembel tuh kucing. Kucing tuh gembel. Kerjanya ganggu kita kalau lagi makan," kata Pandji dalam cuplikan video

Baru saja diprotes, Pandji tak mau berlama-lama bermasalah. Akhirnya, ia meluruskan hal tersebut.


Serta mengganti judul videonya menjadi 'Pandji vs Cicak Ninja'. "Jadi, judul dan thumbnail video ini diganti setelah ngobrol dengan Davina dari Garda Satwa Indonesia dan Mas Willy, teman lama yang juga pemerhati kucing. Sejak awal Surat Terbuka dirilis, gue pikir emang temen temen GSI berniat utk mengutarakan opininya. Dan siapapun berhak," tulis Pandji di kolom komentar YouTube, dilihat detikHOT.

"Walaupun disuruh orang orang untuk meluruskan atau nanggepin GSI, gue putuskan utk tidak karena gue beneran mikir temen temen GSI emang pengen bikin pernyataan aja," lanjutnya.

Ia menuturkan ide mengenai materi stand up 'kucing gembel' itu bukan berasal dari dirinya. Namun dari penyuka kucing yang juga kisahnya ramai di linimasa Twitter.
(doc/doc)


Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com