DetikHot

celeb

Pajang Foto Jokowi, Pandji Pragiwaksono Sindir Candaan tentang SARA dan Hewan

Minggu, 07 Apr 2019 10:02 WIB  ·   Niken Purnamasari - detikHOT
Pajang Foto Jokowi, Pandji Pragiwaksono Sindir Candaan tentang SARA dan Hewan Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Komika Pandji Pragiwaksono mendapat surat terbuka dari komunitas peduli satwa tentang ucapannya 'benci hewan gembel'. Seolah seperti menyindir kritik tersebut, Pandji menulis tentang candaan berbau Suku, Agama dan Ras (RAS) serta hewan.

Tulisan itu menjadi caption dari foto yang diunggah Pandji di Instagram. Dia memposting foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Barack Obama saat duduk berdua di area Kebun Raya Bogor.

Kata Pandji, dirinya tidak diperbolehkan bercanda tentang SARA dan hewan di Indonesia. Dia pun bingung.

"Di negara saya, ga boleh becandain Suku, Agama, Ras, Antar golongan, Politik, Manusia & Hewan. Ha? Cuma boleh becandain tumbuhan dong? Tumbuhan apa dulu nih?" tulis Pandji, dilihat detikHOT, Minggu (5/4/2019).



Postingan itu direspons oleh Garda Satwa Indonesia, komunitas yang melayangkan surat terbuka kepada Pandji. Mereka kembali menekankan inti permasalahan bukan soal bercanda tentang hewan melainkan ujaran kebencian.

"Bro, Pandji, bukan ga ngebolehin bercanda soal hewan, yang dipermasalahkan adalah pernyataan lo 'benci hewan'. Ujaran kebencian lo. Mau lo bercandain kucing jadi boss di rumah that's ok. But the word (please underline and bold) benci," tulis Garda Satwa Indonesia di kolom komentar Pandji.

Sebelumnya, dalam salah satu cuplikan video yang diunggah Garda Satwa Indonesia di Instagram, Pandji menyebut kucing sebagai salah satu hewan yang dia benci. Bahkan kucing juga disebut Pandji sebagai hewan yang paling gembel.

"Bahkan banyak hewan yang gue benci. Benci sampai ke hati. Hewan yang gue benci ini adalah hewan gembel, hewan yang hidupnya dari sampah kita. Tahu kan lo hewan yang kerjanya ngemis, minta-minta. Salah satu yang paling gembel tuh kucing. Kucing tuh gembel. Kerjanya ganggu kita kalau lagi makan," kata Pandji dalam cuplikan video di YouTube.

(nkn/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed