Sebut 'Benci Hewan Gembel', Pandji Pragiwaksono Diprotes Komunitas Pencinta Satwa

Niken Purnamasari - detikHot
Sabtu, 06 Apr 2019 12:55 WIB
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Pandji Pragiwaksono menyebut kalimat 'benci hewan gembel' dalam salah satu materi stand up komedinya beberapa waktu lalu. Kalimat itu rupanya menyulut kemarahan dari komunitas pencinta satwa.

Dalam salah satu cuplikan video yang diunggah Garda Satwa Indonesia di Instagram, Pandji menyebut kucing sebagai salah satu hewan yang dia benci. Bahkan kucing juga disebut Pandji sebagai hewan yang paling gembel.

"Bahkan banyak hewan yang gue benci. Benci sampai ke hati. Hewan yang gue benci ini adalah hewan gembel, hewan yang hidupnya dari sampah kita. Tahu kan lo hewan yang kerjanya ngemis, minta-minta. Salah satu yang paling gembel tuh kucing. Kucing tuh gembel. Kerjanya ganggu kita kalau lagi makan," kata Pandji dalam cuplikan video seperti dilihat detikHOT, Sabtu (7/4/2019).



Garda Satwa Indonesia melayangkan surat terbuka kepada komika itu. Mereka menilai perkataan Pandji memprovokasi orang untuk merasa wajar membenci hewan jalanan.

"Kami merasa keberatan atas pernyataan anda dalam video yang berjudul "PANDJI BENCI HEWAN GEMBEL". Di mana anda menerangkan ketidaksukaan anda kepada kucing terlantar yang mengemis makanan sisa dari manusia.Tanpa anda bicara seperti itu saja hidup kucing liar sudah sulit, jangan ditambah lagi pernyataan anda yang benci hewan gembel sehingga memprovokasi orang lain juga untuk merasa wajar membenci hewan jalanan," tulis Garda Satwa Indonesia.

Garda Satwa Indonesia menjelaskan banyak kucing yang mengalami penyiksaan. Tak jarang pula kucing liar berusaha bertahan hidup dengan mencari makanan di jalan.

"Sekali lagi kami jelaskan bahwa hidup kucing menggembel dan mengemis makanan bukan berniat mengganggu anda, mereka hanya berusaha bertahan hidup! Jika ada makhluk kecil tak berdaya dan sedang berupaya untuk bertahan hidup saja kamu benci, apa itu tidak memperlihatkan seberapa besar jiwa kamu, Panji?" sebut mereka.

Mereka menilai pernyataan Pandji tentang 'hewan gembel' tersebut akan memengaruhi orang lain untuk berpikiran yang sama. Apalagi Pandji adalah seorang influencer yang bakal memberikan efek.

"Video anda sudah ditonton ratusan ribu orang, di mana tanggung jawabmu, Pandji jika semakin banyak orang yang membenci hewan terlantar dan merasa wajar-wajar saja membencinya. Semoga anda siap dikritik oleh para pejuang hewan gembel," kata Garda Satwa Indonesia.
(nkn/tia)