DetikHot

celeb

Donny Alamsyah Siap ke Palestina, Bantu Warga Muslim yang Terzalimi

Kamis, 14 Mar 2019 15:36 WIB  ·   Muhammad Idris - detikHOT
Donny Alamsyah Siap ke Palestina, Bantu Warga Muslim yang Terzalimi Foto: Instagram
Jakarta - Donny Alamsyah bisa dibilang jadi salah satu artis yang paling menaruh perhatian pada masalah Palestina. Dia mengaku tak pernah absen mengamati perkembangan situasi di Jalur Gaza maupun tepi barat. Bahkan, dirinya siap diberangkatkan kapanpun menjadi relawan di sana.

"Saya tergerak untuk bisa (pergi) ke sana (Palestina). Ayo, saya siap dengan izin Allah. Bismillah, Insya Allah saya siap ke Palestina," kata Donny ditemui di Jalan Palestina, Cinere, Depok, Rabu (14/3/2019).

Rencananya, Donny akan berangkat bersama dengan organisasi kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) sekaligus untuk menyalurkan bantuan dari masyarakat Indonesia ke sana. Kendati demikian, dirinya mengaku masih minim informasi kondisi di sana.

"Saya masih belum tahu medan, saya kan cuma dari baca berita. Mungkin nanti saya mau ketemu saudara saya sesama muslim di sana untuk mengetahui kondisi sebenarnya seperti apa. Kita nggak selamanya hidup di dunia, jadi kita harus persiapkan," tutur Donny.


Salah satu pemeran utama dalam film The Raid ini cukup aktif dalam kegiatan membela Palestina. Dirinya mengaku perlu berbuat lebih banyak untuk beberapa kegiatan kemanusiaan.

"Salat dan puasa itu kan buat diri sendiri, ini apa yang bisa saya kerjakan. Saya juga masih menemukan caranya bagaimana membantu. Tidak cuma Palestina, saya lihat di beberapa tempat ada banyak orang terzalimi atau perlu dibantu," ujar Donny.

Sementara itu, Direktur Komunikasi Kreatif ACT, Nurman Priatna, mengungkapkan keberangkatan Donny ke Palestina bersamaan dengan bantuan dari Indonesia untuk warga di Gaza. Namun, diakuinya, pihaknya masih mematangkan beberapa persiapan.

"Lebih cepat lebih baik. Untuk pergi ke Palestina lebih sulit kalau dibandingkan dengan ke perbatasan Suriah. Rencananya harus matang," kata Nurman.


Diungkapkannya, untuk membantu warga Palestina juga sebenarnya tak perlu langsung ke wilayah Palestina. Saat ini, banyak pengungsi Palestina juga tersebar di beberapa kantong-kantong pengungsian di negara lain.

"Semoga kita dikasih kemudahan. Kita upayakan. Tapi bantu Palestina juga tidak harus masuk (ke Palestina), karena di perbatasan Turki, Libanon, atau Yordania juga banyak sekali pengungsi Palestina. Ada banyak cara," pungkas Nurman.
(idr/nkn)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed