detikHot

celeb

Kondisi Abdee 'Slank' usai Transplantasi Ginjal

Sabtu, 02 Mar 2019 21:37 WIB Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Foto: Desi/detikHOT Foto: Desi/detikHOT
Jakarta - Abdee 'Slank' sempat menderita gagal ginjal hingga harus menjalani operasi transplantasi ginjal baru di tahun 2016. Usai itu Abdee pun mengaku amat menjaga kesehatan agar tak gampang diserang penyakit.

"Kalau untuk pasien transplantasi apa aja kayak ginjal jantung kan antibodinya harus diturunkan agar ginjal barunya nggak direject sama tubuh kita antibodynya harus diturunkan pakai obat nah selama dan itu seumur hidup selama antibodi turun harus hati hati jangan sampai kena virus bakteri," kata Abdee ditemui di Potlot, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

"Makan juga harus dijaga ya terutama makan harus bener-bener makanan yang sehat," lanjutnya.



Sementara itu ia juga mendapatkan perhatian khusus dari keluarga dengan kondisinya saat ini. Asupan makanan benar-benar ketat.

"Iya semua keluarga tahu jadi kalau misalnya saya mau makan atau apa mereka tahu makanan apa yang cocok buat saya. Misalnya saya nggak boleh makan yang mentah kayak sashimi gitu udah nggak boleh sayuran mentah juga harus dimasak pokoknya. Kaya buah harus yang bersih aja paling bagus yang dikupas," beber Abdee.

Karena kondisinya yang ringkih, ia memang wajib disiplin dengan pola makan. Jika tidal, Abdee mengaku kerap mengalami drop sampai vertigo.

"Saya sehat sih selama itu jaga jangan sampai terpapar bakteri atau virus dari makanan atau dari orang terapi vertigonya biar cepet bisa. Kalau vertigonya lagi ringan saya bisa main tapi kalau lagi berat nggak bisa jadi saya nggak bisa tur kalau ada pas Slank lagi main kayak sekarang nih lagi enak, main slank selalu siapin alat," tukasnya.
(fbr/kmb)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com