Dari Prambors hingga 'Anunya Kamu', Nana Krip Kini Telah Tiada

Niken Purnamasari - detikHot
Rabu, 20 Feb 2019 15:50 WIB
Foto: Nana Krip / ist
Jakarta - 'Nana Krip. Betawi asli tapi sampai sekarang kagak punya KTP DKI. Mak Kang gado-gado, babe satpam kedutaan. Eh anaknya jadi penyiar sohor. Hebat nggak tuh?'

Kalimat tersebut menjadi salah satu pembuka di film 'Anunya Kamu (Kawula Muda)' pada 1986. Film yang dibintangi oleh para anggota Sersan Prambors, beberapa di antaranya Sys NS dan Nana Krip itu menjadi yang paling hits di masanya.

Nana Krip mulai dikenal lewat acara 'Sersan Prambors'. Sersan yang merupakan akronim dari 'Serius tapi Santai' yang merupakan acara pengganti Warkop di radio Prambors. Personelnya yakni Sys NS, Nana Krip, Krisna Purwana, Muklis Gumilang dan Pepeng.



Semula 'Sersan Prambors' dibuat untuk menyaingi program Bahana Jokes. Namun popularitasnya semakin naik. Banyak para anggota Sersan yang menjadi MC dan pelawak di berbagai acara.

'Sersan Prambors' akhirnya juga dikenal sebagai anggota grup lawak. Bahkan merambah ke film melalui 'Anunya Kamu'.

Masing-masing anggota memiliki ciri khasnya sendiri. Seperti Nana Krip yang menonjolkan logatnya sebagai anak Betawi.

Setelah 'Sersan Prambors' tak lagi aktif, masing-masing menempuh jalan kariernya sendiri. Pepeng menekuni dunia MC, Sys NS sebagai politikus dan Nana Krip kerap tampil beberapa kali sebagai stand up komedian di acara televisi.



Namun persahabatan mereka masih terjalin kuat meski sudah tidak aktif. Misalnya saja sebelum Sys NS meninggal dunia, dia bersama Krisna dan Muklis menjenguk Nana di rumahnya di Kemayoran.

Kondisi Nana saat itu tengah sakit. Sempat tercetus ide dari Sys untuk membuat film lagi agar Nana kembali bugar. Namun belum sempat ide tersebut terlaksana, Sys NS telah dipanggil Yang Maha Kuasa.

Kini menyusul kawan karibnya, Pepeng dan Sys, Nana Krip mengembuskan napas terakhir hari ini. Dia sebelumnya mengidap penyakit paru-paru. Bahkan sudah beberapa hari dirawat di Rumah Sakit Islam Jakarta.


Tonton video: Keluarga Antarkan Jenazah Nana Krip ke Tempat Peristirahatan Terakhirnya

[Gambas:Video 20detik]


(nkn/nu2)