DetikHot

celeb

Tanpa Paksaan, Soraya Haque Ungkap Toleransi Datang dari Diri Sendiri

Minggu, 10 Feb 2019 17:45 WIB  ·   Veynindia Esaloni Pardede - detikHOT
Tanpa Paksaan, Soraya Haque Ungkap Toleransi Datang dari Diri Sendiri Foto: Soraya Haque (Ari Saputra/detikHOT)
Jakarta - Soraya Haque tidak menyangka perihal keikutsertaannya dengan keluarganya dalam mempersiapkan perayaan natal yang berada di lingkungan rumahnya, menjadi viral karena video yang beredar.

Kakak Shahnaz Haque ini menceritakan penyanyi Ruth Sahanaya sempat mengontak dirinya. Uthe, begitu sapaan akrab Ruth Sahanaya mengucapkan terima kasih kepada Soraya. Hal itu sontak membuat Soraya merasa bahwa sebuah toleransi dapat memberi dampak positif.



"Satu orang yang mengontak langsung lucunya, maaf kalau disebutkan Ruth Sahanaya. Someday saya ada di suatu tempat di kota Solo kemudian Uthe dia mengapresiasi apa yang kami berlima lakukan. Dia mengatakan terima kasih untuk toleransi yang sudah diberikan kepada kami umat nasrani untuk bisa merayakan," ujar Soraya kepada detikHOT saat ditemui di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.

Ibu tiga anak ini pun kemudian menjelaskan bahwa ia dan keluarganya melakukan hal ini sudah jauh dari bertahun-tahun yang lalu dan pasti akan terus membantu.



"Terus saya bilang Uthe sayang saya bilang begitu, itu sesuatu yang biasa kami lakukan. Sama-sama. Kapan pun bisa kami lakukan untuk siapa pun yang membutuhkan. Buat saya sebenarnya ini biasa. Kenapa ya jadi aneh. Ayuk kenapa jadi aneh. Bukannya mencintai keberagaman kita bisa lebih mengenal zat illahi di dalam tubuh kita masing-masing," tambahnya.

Baginya memang tidak ada cara untuk mengajak orang melakukan hal yang sama seperti dirinya, kecuali berdasarkan keinginan dari diri sendiri.

"Ini nggak bisa diajak, karena yang mau melakukan ini adalah orang yang paham dengan esensi yang kita lakukan. Ini gerakan kasih sayang yang berlandaskan percontohan dan dengan hati niat toleransi," tukasnya.

Tonton video 'Soraya Haque Ingin Kampanyekan Toleransi Antar Umat Beragama':

[Gambas:Video 20detik]


(vep/wes)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed