DetikHot

celeb

Soraya Haque Bicara Pentingnya Toleransi Hingga Efek yang Didapatkan

Minggu, 10 Feb 2019 17:39 WIB  ·   Veynindia Esaloni Pardede - detikHOT
Soraya Haque Bicara Pentingnya Toleransi Hingga Efek yang Didapatkan Foto: Soraya Haque (Ari Saputra/detikHOT)
Jakarta - Soraya Haque sangat menghargai adanya sebuah toleransi di dalam kehidupan beragama. Salah satunya saat dirinya berserta suami dan anak-anaknya ikut ambil bagian dalam perayaan natal dan juga imlek.

Ia merasa budaya intoleransi masih berkembang, salah satunya mengakibatkan orang-orang merasa terancam saat harus beribadah. baginya di sini dibutuhkan budaya gotong royong dan satu kesatuan yang utuh seperti dahulu.



"Di salah satu tulisan jawaban saya di Instagram bahwa budaya intoleransi ini makin tipis. Orang merasa terancam ketika harus beribadah. Kemudian sifat gotong royong sudah mulai diabaikan, kemudian hidup lebih tepatnya lebih individualistis sehingga kita tidak memiliki kesatuan seperti dahulu, tidak mengguyub kondisinya," jelas Soraya kepada detikHOT saat ditemui di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.

Kalau tidak terus dijaga, ibu tiga anak ini pun merasa Indonesia akan kehilangan nilai-nilai dari adanya Bhinneka Tunggal Ika.



Dampak dari apa yang ia dan keluarganya lakukan adalah, ketika ada orang yang pada akhirnya melakukan hal yang sama dengan mereka dan tentunya menjadi tanda bahwa perbuatan baik dibalas dengan kebaikan menurut kakak Shahnaz Haque ini.

"Ada loh di satu daerah di Jawa Tengah itu mereka melakukan ritual yang saya lakukan, membantu itu nggak ada batasnya. Dan lucunya ketika kami lebaran yang non ikut bantu, mereka kirim makanan, mereka kadang minjemin pembantunya, kan kadang kalau lagi lebaran pembantu lagi nggak ada. Bukankah melakukan kebaikan dari lingkungan yang kecil dulu baru meluas?," tuturnya sambil tersenyum.

Tonton video 'Soraya Haque Ingin Kampanyekan Toleransi Antar Umat Beragama':

[Gambas:Video 20detik]


(vep/wes)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed