Bantah Buron, Mandala Shoji Tegaskan Tak Pernah Masuk DPO

Hanif Hawari - detikHot
Sabtu, 09 Feb 2019 20:17 WIB
Foto: Arief Ikhsanudin/detikcom
Jakarta - Mandala Shoji melalui kuasa hukumnya, Elza Syarief, membantah isu yang menyebut dirinya buron setelah divonis Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terkait kasus kampanye hitam. Sebagai bukti, ia tak pernah masuk Daftar Pencarian Orang (DPO).

"Sesuai keterangan Kejari, Mandala nggak pernah jadi buron dan nggak pernah masuk daftar pencarian orang. Ini tuh salah satu cara mendilusi suaranya Mandala (sebagai caleg)," ujar Elza Syarief saat ditemui di kantornya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (9/2/2019).

Elza Syarief berkelit Mandala Shoji tak pernah mendapatkan undangan dari pihak kejaksaan soal eksekusi vonisnya. Karena itu, kliennya terkesan menghilang hingga diisukan lari dari hukuman.

"Jaksa nggak pernah buat undangan, itu diakui. Itu kan nggak pakai teleponan. Ini bukan masalah cinta-cintaan tapi harus ada undangan tertentu," sambungnya lagi.

Seperti diketahui, Mandala Shoji menyerahkan diri ke Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat (Jakpus) setelah dicari jaksa untuk eksekusi vonis kasus pidana kampanye pemilu.

Namun bukan hanya di Jakpus, Mandala Shoji juga divonis dalam kasus bagi-bagi kupon umrah di PN Jaksel. Mandala divonis hukuman 3 bulan penjara dan denda Rp 5 juta subsider 1 bulan. (hnh/nu2)