4 Fakta Dul Jaelani yang Sesenggukan Bareng Al di Malaysia

Niken Widya Yunita - detikHot
Minggu, 03 Feb 2019 18:00 WIB
4 Fakta Dul Jaelani yang Sesenggukan Bareng Al di Malaysia/Foto: Dul Jaelani (Westy/detikHOT)
Jakarta - Dul Jaelani sesenggukan bareng kakaknya, Al Ghazali di konser Dewa 19 di Malaysia. Ada beberapa fakta tentang Dul.

Dul yang bernama lengkap Abdul Qodir Jaelani ini lahir pada 23 Agustus 2000. Dia merupakan anak bungsu musisi beken, Ahmad Dhani dan Maia Estianty.

Berikut 4 fakta Dul Jaelani.



1. Musisi

Dul merupakan seorang musisi. Dia bassist dari grup musik The Lucky Laki. Grup ini terdiri dari kedua kakaknya, Al Ghazali dan El Rumi, yang pernah populer dengan hitsnya, Aku Bukan Superman.

Selain Lucky Laki, Dul bergabung di grup musik Backdoor. Di bermain gitar sekaligus penyanyi. Pada tahun 2015, Dul dan El, membentuk band bernama Ahmad Bersaudara. Selain bermain musik, Dul juga dikenal sebagai penulis lagu.

2. Kecelakaan

Pada Minggu, 8 September 2013 dini hari, Dul Jaelani mengalami kecelakaan maut di Tol Jagorawi bersama seorang rekannya. Mobil yang dikemudikan Dul, Mitsubishi Lancer B 80 SAL menabrak pembatas jalan dan menghantam minibus.

Dul saat itu ditemani temannya bernama Noval. Keduanya usai pulang mengantar pacar Dul bernama Arin di Cibubur. Dalam perjalanan pulang di Tol Jagorawi, Dul mengemudikan mobilnya dengan kecepatan tinggi mencapai 176 km/jam.

Dul kemudian hilang kendali hingga membanting setir ke kanan dan menabrak guard rail dan masuk ke jalur tol yang mengarah ke Bogor.

Mobil Dul kemudian menabrak Daihatsu Grand Max yang ditumpangi 13 orang. Tujuh orang penumpang Grand Max meninggal dunia, sementara 8 orang lainnya termasuk Dul dan Noval mengalami cedera berat.

Kemudian, Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada Rabu, 16 Juli 2014, memvonis AQJ alias Dul, dikembalikan kepada orang tua setelah kecelakaan itu. Dia terhindar dari tuntutan hukuman 1 tahun penjara dari jaksa, dengan masa percobaan dua tahun plus denda Rp 50 juta atau subsider 3 bulan kerja sosial.

Ketua Majelis Hakim, Fetriyanti, menyatakan Dul bersalah dan melanggar Pasal 310 Ayat 1, 3, dan 4 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999. Namun, Dul, terutama Ahmad Dhani dianggap sudah bertanggung jawab terhadap para korban, yang dijadikan pertimbangan oleh majelis hakim.



3. Dijodohkan dengan Aaliyah Massaid

Penyanyi Maia Estianty terang-terangan berniat menjodohkan anaknya, Dul Jaelani dengan Aaliyah Massaid. Aaliyah merupakan anak penyanyi Reza Artamevia dan almarhum Adjie Massaid.

Maia beralasan menjodohkan Dul dengan Aaliyah karena wajah keduanya mirip. Aaliyah dan Dul tidak keberatan dijodohkan dengan Dul.

Aaliyah dalam acara Brownis yang tayang di Trans TV, Rabu (16/01/2019), menyatakan, Dul membuatnya nyaman. Sementara Dul juga mengungkap hal yang sama tentang Aaliyah. Menurut Dul, Aaliyah merupakan wanita yang rajin beribadah dan sosok yang sederhana.

Namun Dul menyebut dia memiliki keyakinan untuk tidak berpacaran. Dia akan fokus pada kariernya. Jika berjodoh, dia akan langsung saja menikah dengan Aaliyah.

Tonton video: #TributeToAhmadDhani Jadi Trending di Twitter

[Gambas:Video 20detik]



4. Sesenggukan

Terbaru, Dul Jaelani menangis sesenggukan saat Dewa 19 menggelar konser di Malaysia Sabtu (2/2/2019) malam. Dul tak dapat menahan tangis saat konser ketika teringat ayah mereka.

Dari video yang beredar di media sosial, Dul menangis ketika dirinya membawakan lagu 'Cinta kan Membawamu Kembali'. Begitu Ari Lasso sampai ke bagian reff, Dul tak dapat menahan tangisnya.

Dul memang didapuk untuk menggantikan Dhani dalam konser bertajuk 'Dewa 19 Reunion Feat Ari Lasso & Once Live in Malaysia' itu.

Video juga memperlihatkan ketika putra sulung Dhani, Al Ghazali ikut hadir dalam konser. Al nangis sesenggukan saat Dewa 19 membawakan lagu 'Hadapi Dengan Senyuman'. Bahkan karena saking terisaknya, seorang staf tampak menenangkan Al.

Ahmad Dhani sendiri memang tidak dapat mengikuti konser karena dirinya ditahan atas kasus ujaran kebencian. Dhani kini ditahan di Rutan Cipinang. Posisi Dhani yang lowong digantikan oleh Dul.

4 Fakta Dul Jaelani yang Sesenggukan Bareng Al di Malaysia
(nwy/ken)