DetikHot

celeb

6 Fakta Soraya Haque yang Klarifikasi Hoax Pindah Agama

Kamis, 24 Jan 2019 20:25 WIB  ·   Niken Widya Yunita - detikHOT
6 Fakta Soraya Haque yang Klarifikasi Hoax Pindah Agama 6 Fakta Soraya Haque yang Klarifikasi Hoax Pindah Agama/Foto: Instagram @sorayahaque
Jakarta - Tiba-tiba Soraya Haque dan keluarga jadi perbincangan karena pindah agama meski akhirnya dibantah. Siapa Soraya Haque?

Wanita bernama Soraya Jasmine Haque ini lahir di Plaju, Palembang, pada 7 Februari 1965. Namanya tiba-tiba menjadi viral karena melalui video yang beredar di YouTube, dikabarkan dia sekeluarga pindah agama. Namun ternyata kabar tersebut hoax.

Soraya membantu umat Kristiani ketika merayakan Natal. Dia mengatakan, tak hanya umat Kristiani saja yang dibantu tapi pemeluk agama lain.

Berikut fakta tentang Soraya Haque.

1. Peragawati

Karier pertamanya yakni peragawati. Bahkan dia merupakan peragawati yang tenar pada tahun 1980-an.

2. Adik Marissa Haque

Soraya merupakan adik dari artis Marissa Haque dan kakak dari Shahnaz Haque. Ayah Soraya, Allen Haque, adalah keturunan Belanda-Prancis. Sementara ibunya, Nike Suharyah binti Cakraningrat, berasal dari Sumenep, Madura, Jawa Timur.

3. Punya Sekolah Modeling

Berbekal pengalaman selama bertahun-tahun di bidang modeling, Soraya Haque mendirikan Soraya Haque Modelling School pada 1992. Selain mengajar, Soraya menjadi guest lecture atau moderator.



4. Main Sinetron

Wanita yang dipanggil Aya ini juga terjun ke dunia peran. Sinetron yang pernah didukungnya antara lain Gol sinetron MD Entertainment. Sinetron ini dibintangi juga oleh Tamara Bleszynski dan El Manik.

5. Aktif di Kegiatan Sosial

Selain di dunia hiburan, Soraya juga aktif dalam kegiatan sosial yang berhubungan dengan anak-anak. Dia mengurus Yayasan Ibu, Bayi, dan Balita (IBB) hingga menjadi duta untuk Helen Keller International (HKI). HKI merupakan lembaga non-profit yang mengkampanyekan kesehatan mata. Dia juga aktif dalam kampanye untuk turut mendukung dan menyukseskan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) 2005.


6. Menikah dengan Musisi

Soraya Haque menikah dengan musisi Ekki Soekarno pada 10 Maret 1991. Keduanya telah dikaruniai 3 orang anak yakni Valeri Allen Ghazian Soekarno, Nadia Ayesha Mieke Soekarno, dan Belmiro Ali Harnandhitya Soekarno.
(nwy/ken)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed