Ribuan Orang Antar Jenazah Istri Ustad Maulana ke Pemakaman

Muhammad Taufiqqurahman - detikHot
Senin, 21 Jan 2019 13:14 WIB
Foto: Pemakaman Istri Ustad Maulana (Taufiq/detikHOT)
Jakarta - Istri Ustad Maulana, Nuraliyah M Nur Maulana meninggal setelah kanker usus menggrogoti dirinya. Ribuan warga pun mengantarkan jenazah Nuraliyah ke peristirahatan terakhirnya.

Jenazah diberangkatkan dari rumah duka di Jalan Satando, Makassar pukul 13.00 WITA menuju ke pemakaman Bungaejaya di Jalan Tinumbu, Makassar, Senin (21/1/2019).

Kepergian jenazah diiringi isak tangis keluarga, termasuk keempat anak dari Ustad Maulana. Maulana dengan balutan koko putih tampak tegar melihat jenazah istrinya berada dalam keranda jenazah.



Pukul 13.30 WITA, jenazah sampai ke pemakaman. Ratusan orang tampak berbondong-bondong ingin membantu mengangkat keranda mayat yang membuat situasi di penakaman penuh sesak.

"Ingin lihat pemakaman istri Ustad Maulana. Kasihan anaknya masih kecil kecil," kata Nani yang juga hendak menyaksikan prosesi pemakaman.

Hujan yang turun tidak menyurutkan semangat warga untuk melihat lebih dekat pemakaman ini.



Pemakaman ini juga diawali dengan pembacaan Alquran sebelum jenazah dimasukkan ke dalam liang lahat.

Istri Ustad Maulana diketahui meninggal akibat kanker usus. Kanker ini telah menjalar hampir di seluruh organ dalam tubuhnya.

"Ternyata diprediksi dia sudah ada kanker sejak 7 tahun lalu," kata Maulana

Kanker usus ini, kata Maulana menggerogoti bagian anus istrinya. Hal ini yang menyebabkan istrinya sulit untuk mengeluarkan kotoran. Dokter kala itu menyarankan untuk dibuatkan saluran pembuangan di wilayah pinggang. Namun saran itu ditolak oleh istrinya sendiri.

"Alasannya karena anak-anak. Alasannya nanti anak-anaknya mau loncat ke dia tidak bisa lagi," terangnya.



Maulana pun telah mencoba beberapa cara penyembuhan termasuk melakukan pengobatan alternatif atau pengobatan herbal. Sayangnya, penyakit yang diderita istrinya tak kunjung sembuh.

Hingga pada Sabtu (19/1) malam kemarin, Almarhumah meminta agar dimasukkan ke rumah sakit. Permintaan ini pun langsung disanggupi oleh Maulana.


Tonton video: Proses Pemakaman Istri Ustaz Maulana Dipadati Ratusan Warga

[Gambas:Video 20detik]



"Apalagi selama ini dia hanya banyak minum air putih. Kalau di rumah sakit dia diinfus dan ada makanan yang masuk ke dia," terangnya.

"Di rumah sakit, dokter bilang kankernya sudah menjalar ke hati dan paru-paru. Di paru-paru banyak cairan dan ternyata ini yang membuatnya kesulitan untuk bernafas," sambungnya.

(fiq/ken)