4 Perjalanan Karier Epy Kusnandar, Pemeran Kang Mus di Preman Pensiun

Niken Widya Yunita - detikHot
Kamis, 17 Jan 2019 19:15 WIB
4 Perjalanan Karir Epy Kusnandar, Pemeran Kang Mus di Preman Pensiun/Foto: Gus Mun/ detikHOT
Jakarta - Kisah hidup Epy Kusnandar tidak mulus. Karir pemeran Muslihat atau Kang Mus dalam Film 'Preman Pensiun' ini merasakan sulitnya hidup.

Pria kelahiran 1 Mei 1964 ini aktor berdarah Sunda. Berikut perjalanan karir Epy Kusnandar.



1. Aktif di Teater Sejak Sekolah

Epy telah aktif di teater sejak masih duduk di bangku sekolah menengah. Dia ingin menjadi aktor seperti Didi Petet.

Epy lulus SMA pada 1983. Dia baru melanjutkan ke Institut Kesenian Jakarta (IKJ) pada 1989. Sejak itu, Epy aktif di berbagai sanggar teater seperti Pantomim Sena Didi dan Theater Aristokrat.

2. Main Film

Selain teater, Epy Kusnandar merambah dunia sinetron berjudul Asyiknya Geng Hijau, Kejar Kusnadi, dan Suami-Suami Takut Istri. Epy juga bermain dalam beberapa film, antara lain Maskot (2006) sebagai Sapari, serta dalam film I Love You, Om.

Epy juga bermain film Indonesia kelas internasional seperti Killers dan The Raid 2: Berandal pada 2004. Nama Epy identik dengan nama Kang Mus, pemimpin preman kota Bandung yang tayang di bioskop hari ini. Preman Pensiun dulunya merupakan sinetron yang tayang di sebuah stasiun televisi.

Sinopsis film Preman Pensiun yakni setelah tiga tahun, bisnis kecimpring Muslihat yang sudah pensiun sebagai preman, mengalami masalah. Penjualannya mulai menurun.

Muslihat juga menghadapi masalah baru saat Safira, anak perempuan satu-satunya, sudah tumbuh remaja dan mulai didatangi lelaki. Masalah lebih besar kemudian muncul, ketika ada masalah di antara mantan anak buahnya.

Dalam film itu, sosok Didi Petet yang berperan sebagai Kang Bahar ini muncul di awal film besutan sutradara Aris Nugraha ini. Adegan tersebut diambil dari potongan serial televisi berjudul sama, saat Didi Petet masih hidup dan terlibat proses syuting.



3. Pernah Jadi Gembel

Epy Kusnandar sempat merasakan tidur di bawah Tugu Pancoran tahun 1988. Saat itu dia memutuskan meninggalkan kampung halaman untuk mengadu nasib di Jakarta. Epy juga mengaku pernah menjadi gembel saat dirinya aktif dalam teater di kota Garut.

4. Hidup Sederhana

Kini Epy Kusnandar menjadi aktor terkenal. Meski demikian, gaya hidupnya tidak mewah. Dia memilih gaya hidup sederhana. Dia menghabiskan waktu luangnya bersama anak dan istri untuk menyiapkan kebutuhan keluarga. Hal ini berbeda dengan artis lain yang menikmati liburan ke luar negeri. (nwy/ken)