detikHot

celeb

Perjalanan Karier Opick, Dari Pedagang Gamis Jadi Penyanyi Religi Sukses

Rabu, 19 Des 2018 08:43 WIB Jenaka Narendra - detikHot
Foto: Ismail/detikHOT Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta - Saat ini nama Opick terkenal sebagai salah satu penyanyi religi terpopuler di Indonesia. Namun, kesuksesannya ini tak dicapai dengan mudah. Banyak tantangan dan cobaan yang menghadang sebelum namanya dikenal publik. Seperti ini perjalanan karier Opick sebelum tenar sebagai penyanyi religi.



1. Opick Sempat Ngamen

Sejak SMP, bakat bermusik pria asal Jember ini sudah terlihat. Opick pun bercita-cita menjadi penyanyi serta membentuk band musik. Sejak lulus SMA pria bernama asli Aunur Rofiq Lil Firdaus ini merantau ke Jakarta demi mewujudkan mimpinya.

Sembari mengejar kariernya di dunia musik, Opick menjadi guru mengaji di lingkungan tempat tinggalnya. Sesekali ia juga mengamen untuk mengasah mental dan mencari inspirasi dalam mencipta musik.

2. Tak Hoki di Band Rock

Perjalanan Karier Opick, Dari Pedagang Gamis Jadi Penyanyi Religi SuksesFoto: Dok. Instagram/opick_tomboati



Di awal meniti karier bermusik, tanpa diduga Opick memilih genre rock. Ia tergabung dalam band rock bernama Timor Band. Sayangnya walau sudah beberapa kali merilis lagu dan album, namun tak satu pun yang sukses di pasaran.

3. Jualan Gamis dengan Sang Istri, Dian Rositaningrum

Perjalanan Karier Opick, Dari Pedagang Gamis Jadi Penyanyi Religi SuksesFoto: Dok. Instagram/opick_tomboati



Selama menjadi guru mengaji di lingkungannya Opick jatuh hati pada Dian Rositaningrum. Cinta di antara keduanya pun bersemi. Walau sempat ditentang oleh orang tua Dian, namun akhirnya dua sejoli ini menikah.

Kehidupan mereka saat itu tak langsung bergelimang harta. Untuk menunjang perekonomian keluarga, Dian dan Opick harus berjualan baju keliling. Opick kerap mengantar dan membantu Dian memilih dagangan di Pasar Jatinegara. Kemudian mengantar sang istri menawarkan jualannya kepada pelanggan.



Tonton video: Nyanyian Bahagia Opick di Resepsi Pernikahannya

[Gambas:Video 20detik]



4. Lagu Religi Buka Pintu Rezeki

Ketika tak kunjung ada jalan terang dari karier band rock-nya, Opick pun ditawari untuk membuat musik religi. Meskipun seorang rocker, ia memang dikenal tetap taat beribadah. Walau awalnya bimbang akhirnya Opick pun mencoba peruntungannya di warna musik ini.

Tak disangka lagu Tombo Ati yang dilantunkannya menjadi hits. Lagu ini kerap dipakai stasiun televisi dalam liputan bencana tsunami Aceh di akhir 2004. Walau awalnya tak diandalkan, lagu menyentuh ini justru mengangkat namanya menuju popularitas. Sejak itu karier Opick sebagai penyanyi religi pun semakin menjulang.

Sejak 2005 ia dan istrinya pun berhenti menjadi penjual pakaian dan mulai hidup berkecukupan. Opick tergolong rutin menelurkan album dan lagu hits yang laku keras di pasaran. Ia juga menjajal kemampuannya berakting lewat film "Kun Fayakun" karya Ustaz Yusuf Mansyur dan film "Di Bawah Langit".
(ken/ken)


Photo Gallery
FOKUS BERITA: Opick Nikah Lagi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com