detikHot

celeb

Kondisi Terkini Putra Surya Saputra-Cynthia yang Alami Gangguan Mata

Minggu, 09 Des 2018 15:29 WIB Desi Puspasari - detikHot
Foto: Instagram Foto: Instagram
Jakarta - Salah satu dari anak kembar Surya Saputra dan Cynthia Lamusu, Bima, mengalami gangguan mata serius. Diusianya yang masih balita, Bima harus terbiasa menggunakan kacamata.

Surya Saputra dan Cynthia Lamusu paham betul sulitnya mengajarkan anak balita agar terbiasa menggunakan kacamata. Oleh karena itu, mereka berdua pelan-pelan mengajarkan Bima dan tidak mau memaksakan.

"Memang kita lagi membiasakan Bima pakai kacamata kan, jadi kita nggak mau maksa 'Bima harus pakai kacamata' nggak. Tapi biarkan dia memilih 'oh ini kok lebih nyaman dibanding nggak pakai', jadi kita nggak pernah memaksakan. Jadi kalau dia merasa nyaman nanti dia dengan sukarela memakai itu," cerita Surya Saputra ditemui detikHOT di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

"Karena memang kondisinya kan harus pakai kacamata itu kemarin kita tahunya pas umur 18 bulan. Sebenarnya sih tiap hari harus dipakaiin kacamata cuma itu tadi seperti Mas Surya bilang kita nggak mau memaksakan," timpal Cynthia.

Ada kalanya Bima melepas kacamatanya. Sampai sekarang, Bima yang lahir pada 21 November 2016 masih harus terus menggunakan kacamata.


Lantas, untuk kondisinya, Cynthia mengatakan minus pada mata anak laki-lakinya memang tak berkurang.

"Tapi kondisi APROP itu dengan dia alhamdulillah sudah bisa melihat itu udah luar biasa progres karena APROP itu untuk Bima dia lebih spesifik lagi yah. Karena bisa buta, jadi kalau tidak ditindak secara cepat dia bisa buta. Pokoknya maksimal tuh usia tiga bulan itu harus ada tindakan, nah Bima kan alhamdulillah waktu itu umur 2 setengah bulan itu kita buru-buru tanganin gitu," ungkap Cynthia.

"Alhamdulillah dia bisa melihat walaupun efek sampingnya dia pakai kacamata. Tapi pakai kacamata tahu kita baru tahu pas 18 bulan, jadi memang kan dari tindakan yang usia dia 2 setengah bulan itu per 6 bulan harusnya ada kontrol. Waktu itu pas kontrol yang ketiga, kita tahu dari dokter 'oh ini ada kondisi matanya minus'," sambungnya.



Sedangkan Surya merasa yang terpenting anaknya bisa kembali melihat. Saat ini, Bima tetap bisa melihat dengan jelas warna dan bentuk meski harus menggunakan kacamata.
(pus/doc)


Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com