detikHot

celeb

5 Pengacara Tajir di Indonesia

Kamis, 22 Nov 2018 21:29 WIB Jenaka Narendra - detikHot
Foto: Ismail/detikHOT Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta -

Profesi pengacara lekat dengan popularitas dan penghasilan tinggi. Pekerjaan ini memang punya tingkat kesulitan tinggi dan kerap jadi sorotan.

Namun tak semua ahli hukum bergelar pengacara bisa mencapai kesuksesan seperti lima pengacara hukum terkaya di Indonesia berikut.

1. Patrialis Akbar

Patrialis Akbar adalah salah satu pengacara ternama di Indonesia yang berasal dari Padang. Ia telah memiliki nama yang disegani di dunia hukum dan politik tanah air.

Patrialis bahkan berhasil mencapai jabatan tinggi sebagai Hakim MK. Ia memiliki berbagai properti yang tersebar di Jakarta, Jawa Barat, dan Sumatra Barat.

Kekayaannya diketahui mencapai angka Rp 14,9 miliar. Namun, pada tahun 2017 pengacara ini terlibat kasus korupsi impor daging ketika menjabat sebagai Hakim Mahkamah Konstitusi.

2. Ruhut Sitompul

Selain populer sebagai advokat, Ruhut Sitompul juga punya reputasi di bidang hiburan dan politik. Pria yang pernah melejit lewat sinetron Gerhana ini tak hanya sukses sebagai pengacara, namun juga berhasil mencapai jajaran atas dalam peta politik tanah air.

Ruhut pernah menjabat sebagai Ketua DPP Partai Demokrat. Pengacara asal Sumatera Utara ini kerap terlihat mengendarai mobil mewah, atau mengisap cerutu seharga ratusan ribu.

3. OC Kaligis

Walau tengah terkena masalah hukum dan mendekam di tahanan, namun tak bisa dipungkiri bahwa OC Kaligis adalah salah satu pengacara paling disegani di negara ini.

Ayah aktris cantik Velove Vexia ini memiliki firma hukum atas namanya, dengan cabang yang tersebar di berbagai kota besar.

Biaya jasa pengacara ini bisa mencapai Rp 8 juta per jam dengan fee berkisar di angka Rp 4 miliar per kasus.

4. Hotma Sitompul

Nama Hotma Sitompul sudah tak asing lagi di dunia hukum tanah air. Selain sukses, pria ini juga berjiwa sosial. Hal ini dibuktikan dengan komitmennya mendirikan Lembaga Bantuan Hukum Mawar Sharon.

Kekayaan Hotma terlihat dari deretan mobil mewah yang kerap dipakainya serta kantor bergaya Eropa yang elegan. Selain itu ia menjadi langganan sejumlah artis papan atas Indonesia.

Salah satu artis langganan dengan Hotman adalah Raffi Ahmad. Konon, saat Raffi terkena kasus narkoba, dia dibayar Rp 15 miliar. Namun hal itu dibantah.

5. Hotman Paris Hutapea

Hotman Paris adalah salah satu pengacara paling sukses di Indonesia. Kliennya mulai dari pejabat, artis, hingga perusahaan multinasional. Hotman pun tak segan memamerkan hartanya ke muka umum.

Ia mengoleksi super car dan berlian yang sering ditunjukkannya lewat sosial media. Misalnya saja Lamborghini Huracan seharga Rp 11 miliar yang kerap digunakannya dalam sejumlah foto-fotonya.

Kekayaannya diramalkan mencapai Rp 5,4 triliun. Untuk sekali menangani kasus saja paling sedikit butuh Rp 1 miliar.




(ken/ken)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com