DetikHot

celeb

Hikmah di Balik Perseteruan Jerinx 'SID' dan Via Vallen Versi Glenn Fredly

Sabtu, 17 Nov 2018 23:02 WIB  ·   Hanif Hawari - detikHOT
Hikmah di Balik Perseteruan Jerinx SID dan Via Vallen Versi Glenn Fredly Foto: Ismail/detikFoto
Jakarta - Perseteruan Jerinx 'SID' dan Via Vallen, menurut Glenn Fredly, sebenarnya hanya membahas seputar pengetahuan soal royalti dan hak cipta lagu. Hal itu diutarakan melalui sebuah video di channel YouTube Cameo Project.

Glenn Fredly yang saat itu sedang berdiskusi bersama Tompi menyebutkan perseteruan Jerinx SID dan Via Vallen bisa dimanfaatkan sebagai sebuah momentum kesadaran para musisi untuk menghargai karya orang lain.

"Ini justru momen yang bagus untuk teman-teman (seniman) belajar tentang bagaimana menghargai karya cipta," ujar Glenn Fredly, seperti yang dilihat detikHOT, Sabtu (17/11/2018).



Menurut Tompi dan Glenn Fredly, selama ini musisi Tanah Air banyak yang tak teredukasi dengan pengetahuan terkait royalti dan hak karya cipta. Hal itu diperparah dengan sistem regulasi yang belum matang.

Jika regulasi terkait royalti dan hak karya cipta sudah matang, Glenn Fredly dan Tompi yakin, tak akan ada kasus semacam konflik Via Vallen dan Jerinx SID.

Seperti yang diketahui, Jerinx 'SID' menyentil Via Vallen yang menyanyikan lagu Sunset di Tanah Anarki tanpa seiizinnya. Via dituding memperkaya diri dengan melakukan komersialisasi karya SID melalui penjualan DVD.

(hnh/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed