DetikHot

celeb

Bacakan Eksepsi, Reza Bukan Sebut Ada Kejanggalan saat Digeledah

Rabu, 14 Nov 2018 22:45 WIB  ·   Veynindia Esaloni Pardede - detikHOT
Bacakan Eksepsi, Reza Bukan Sebut Ada Kejanggalan saat Digeledah Reza Bukan (Foto: Ismail/detikFoto)
Jakarta - Sidang lanjutan Reza Bukan kembali dilaksanakan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Rabu (14/11). Ia pun menyampaikan nota keberatan atas dakwaan yang dibacakan oleh JPU.

"Setelah saya dalami, surat dakwaan yang disusun Kejaksaan Negeri Jakarta Barat belum memenuhi syarat materil sebagaimana dimaksud dalam pasal 143 ayat 2 UU RI nomor 8 tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana," ujar Reza Bukan saat ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Rabu (14/11).

Beberapa hal menurutnya bertentangan dengan undang-undang saat yang berwajib melakukan penangkapan. Ia mengajukan keberatan pada proses penyidikan tim Satnarkoba Polres Metro Jakarta Barat.

"Saksi yang merupakan petugas kepolisian tidak meminta izin ketua RT dan RW setempat untuk melakukan penggeledahan, melainkan hanya mengatakan ada laporan dari masyarakat tanpa ada keterangan identitas yang jelas," tambahnya.

Reza juga melihat adanya kejanggalan saat penggeledahan yang dilakukan polisi. Baginya paket sabu tersebut bukan miliknya yang ditemukan dalam sebuah kotak bungkus elektrik.

"Tanpa disaksikan saya, polisi memerintahkan saya membuka kotak bungkus vape. Padahal mereka sudah masuk dan mengacak-acak gudang lebih dulu. Dari hasil penggeledahan baru ditemukan barang bukti satu klip plastik narkotika jenis sabu," tukasnya.

"Saya tidak pernah punya dan menyimpan barang tersebut. Demi Tuhan. Barang itu bukan milik saya. Saya yakin barang tersebut sengaja dibawa dan diletakan di kotak. Karena petugas tidak meminta izin ke ketua RT dan RW, serta tidak menunjukan surat perintah penangkapan," lanjutnya lagi.

Saksikan video 20Detik untuk mengetahui eksepsi Reza Bukan di sini:

[Gambas:Video 20detik]



Sidang pun akan dilaksanakan minggu depan dengan agenda pertimbangan JPU untuk memberikan tanggapan terhadap nota keberatan Reza Bukan.



(vep/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed