DetikHot

celeb

Gus Miftah Ungkap Kesalahan Coki Pardede-Tretan Muslim yang Olok Agama

Senin, 05 Nov 2018 21:49 WIB  ·   Mauludi Rismoyo - detikHOT
Gus Miftah Ungkap Kesalahan Coki Pardede-Tretan Muslim yang Olok Agama Foto: Tretan Muslim dan Coki Pardede (YouTube MLI)
Jakarta - Keinginan Coki Pardede dan Tretan Muslim bertemu pemuka agama usai dituding memperolok Islam terpenuhi. Di channel YouTube Deddy Corbuzier, mereka dipertemukan dengan Gus Miftah.

Gus Miftah yang viral lewat dakwah di kelab malam itu pun langsung penasaran seperti apa cerita di balik pembuatan video memasak babi dicampur kurma yang jadi disebut menghina agama yang dilakukan oleh Coki dan Tretan. Coki Pardede pun menjelaskannya.

"Jadi yang pertama itu kontennya adalah memasak daging babi dicampur saus kurma dan ternyata banyak yang meributkan hal itu. Banyak yang merasa bahwa kurma representatif sesuatu yang mereka anggap tidak boleh dibercandai. Dan babi pun karena haram katanya tidak boleh dibercandai juga. Padahal sebenarnya poin kita tidak ke arah sana, tapi lebih ke arah ini lho bercandaan toleransi itu masih ada di Indonesia," ujar Coki dalam video, saat dikutip detikHOT, Senin (5/11/2018).

Gus Miftah pun memberikan pandangannya. Dia menilai Coki Pardede dan Tretan Muslim salah menyampaikan pendapat.

"Kalau saya bisa menilai ini dari dua sisi pandang. Yang pertama ini sindiran buat mereka pemuja simbol-simbol agama. Kedua karena konteksnya Indonesia dan Indonesia itu mayoritas muslim, maka ketika ini disampaikan maka pasti akan salah. Maka yang sering saya sampaikan, pendapat itu ada tempatnya dan tempat itu pasti ada pendapatnya. Dan barang kali pendapat kalian benar, tapi tempatnya barang kali yang salah. Seharusnya kalian kalau begitu jangan di Indonesia, bro, tapi Amerika ya barang kali kalau tempatnya salah," tutur Miftah.


Selain itu, Gus Miftah merasa gesture yang dibuat Coki Pardede juga salah.

"Kalau teriakan nerakanya itu kalau saya lihat di video itu nggak ada masalah. Yang jd masalah itu justru gesture dia (Coki) itu gitu lho kayak melucukan," ucapnya lagi.

Coki Pardede pun langsung memberi penjelasan terkait tertawanya dalam video memasak tersebut.

"Jadi gini kenapa dia (Tretan Muslim) pas ngomong neraka gue ketawa, sebenarnya karena dia lucu saja ngomongnya Gus. Gue bukan ngetawain konten atau syariat, tapi gue ngetawain mukanya dia. Terus yang kedua, sebenarnya itu adalah tanda menanggapi bahwa itulah kepercayaan Tretan Muslim dan ya nggak apa-apa. Gue menanggapinya Gus dengan humor dan tidak marah," kata Coki.

Selain itu, Gus Miftah membeberkan kesalahan fatal yang telah dilakukan Coki dan Tretan Muslim saat membuat video memasak. Hal itu berkaitan agama yang sangat sensitif.

"Sudut pandang muslim yang paling nyindir ini. Jadi kalau orang mau masak babi mau pakai kurma, mau pakai apa, terserah urusan orang. Tapi ketika kalian mengenakan kalau kurma dicampur dengan babi apakah cacing pitanya ini jadi mualaf. Ini yang jadi persoalan, karena apa bagi kami umat Islam, babi itu diharamkan entah dia ada cacing pitanya atau tidak. Jadi konteksnya barang kali yang menyinggung itu ketika kurma bercampur dengan babi jadi mualaf. Ini arahnya sudah ke sana," beber Gus Miftah.


Coki Pardede pun menjelaskan dirinya tak berniat menyinggung, tetapi hanya melakukan teknik komedi. Penjelasan itu pun tak diterima Gus Miftah.

"Iya tidak ada maksud menyinggung atau apa sih Gus, cuma karena itu teknik komedi absurd dan segala macam dan adrenalin gue," tutur Coki.

"Kalau ngomong absurdnya nggak enak sih. Yang jelas begini manusia itu tidak bisa masuk wilayah niatnya orang lain. Artinya niat kamu apa yang tahu cuma kamu dan Tuhan. Deddy nggak tahu. Gue nggak tahu. Tapi memang yang dilihat sama orang itu adalah tampilan luarnya. Tampilan luar kalian itu terutama ente (Coki Pardede) nih gesturenya nggak asyik makanya perlu ente ubah," tandas Gus Miftah.

Saksikan video 20Detik untuk mengetahu nasihan Gus Miftah untuk Tretan Muslim dan Coki Pardede di sini:

[Gambas:Video 20detik]



Coki Pardede dan Tretan Muslim kembali menyampaikan permintaan maaf dalam video tersebut. Mereka sebelumnya dicari oleh Derry Sulaiman terkait video memasak.


(mau/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed