detikHot

celeb

Karier Daniel Mananta, Dari Tukang Cuci Piring Jadi Presenter Sukses

Senin, 05 Nov 2018 13:28 WIB Jenaka Narendra - detikHot
Foto: Asep Syaifullah Foto: Asep Syaifullah
Jakarta -

Nama Daniel Mananta sudah menjadi salah satu presenter paling top di Tanah Air. Ia kerap didapuk membawakan acara-acara besar dan mewakili Indonesia di acara internasional. Selain itu, bisnis pakaiannya pun laku keras.

Jebolan VJ MTV ini tak mendapatkan kesuksesannya secara instan. Walau bersekolah di Australia, Daniel pun pernah merasakan asam garam kehidupan mencari uang dari bawah.

Tukang Cuci Piring dan WC

Sejak SMP kelas 2 Daniel dikirim untuk bersekolah di Australia. Namun pada 1998, krisis moneter yang mendera Indonesia turut memengaruhi kondisi finansial keluarganya. Bukan anak manja, Daniel pun bekerja keras di sana demi membantu perekonomian keluarga.

Daniel Mananta bekerja di sebuah restoran ayam. Di sana ia harus mengerjakan berbagai tugas. Mulai dari memasak ayam, sampai cuci piring. Bahkan ia juga harus membersihkan WC. Hampir semua tugas yang diperintahkan harus rela dilakoninya.

Sulit Dapat Pekerjaan

Setelah itu Daniel pun pernah mencoba peruntungan di dunia MLM. Lagi-lagi ia kesulitan mendapatkan pelanggan. Pantang menyerah, usai kuliah ia melamar pekerjaan di berbagai tempat di Australia. Namun, Daniel terus menerus ditolak. Sampai akhirnya ia diterima di sebuah bank dalam posisi intern (magang).

Walau bekerja di bank namun posisinya yang hanya pegawai magang membuat Daniel kerap diberi tugas tak ubahnya office boy. Tugasnya hanya sebatas membuat kopi, foto kopi, dan tugas-tugas remeh semacamnya. Ia pun merasa gagal dan memilih pulang ke Indonesia.

Penjual Baju di Mangga Dua

Daniel pulang dengan rasa malu dan gagal. Tujuh tahun merantau ke Australia hanya untuk kembali ke kampung halaman dengan tangan kosong.

Daripada menganggur ia memilih membantu orang tuanya mengurus toko grosir pakaian mereka di Mangga Dua. Dari toko sederhana ini lah, orang tua Daniel bisa menyekolahkannya di Australia.

Selama hampir setengah tahun, suami Viola Maria ini jadi penjaga toko dan melayani pembeli dari berbagai golongan.

Jadi VJ

Tak pernah terpikir bagi Daniel Mananta untuk terjun ke dunia hiburan. Namun tak disangka aksi coba-cobanya untuk casting sebagai VJ MTV ternyata berbuah manis. Dari 6.000 orang ia termasuk salah satu dari 11 yang diseleksi lebih lanjut.

Walau hanya sebagai peserta seleksi cadangan, namun tim MTV terkejut dengan kemampuannya yang begitu memukau.


Tonton video: Komentar Ahok Lihat Penampilan Daniel Mananta ala Ahok

[Gambas:Video 20detik]

Sejak saat itu kariernya sebagai presenter dan MC semakin moncer. Ketika ada beberapa VJ lain yang tenggelam oleh zaman, Daniel Mananta tetap eksis di dunia hiburan Tanah Air.

Sukses sebagai selebriti tak membuatnya lupa akan bakat bisnis dari keluarganya. Setelah jatuh bangun berusaha mendirikan bisnisnya sendiri, akhirnya Daniel sukses dengan brand pakaian "Damn I Love Indonesia".

Saat ini brand tersebut telah membuka cabang di berbagai kota di Indonesia. Bahkan merchandise kreasinya ini dipakai banyak artis dan idola luar negeri!


Karier Daniel Mananta, Dari Tukang Cuci Piring Jadi Presenter Sukses




(ken/ken)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed