detikHot

celeb

Awkarin Siap Kembali ke Palu untuk Recovery Korban Bencana

Minggu, 28 Okt 2018 15:18 WIB Desi Puspasari - detikHot
Foto: Desi/detikHOT
Jakarta - Awkarin membagi ceritanya saat berada di Palu. Bukan sebagai YouTuber atau celebgram, ia datang menjadi volunteer.

"Yang aku pelajarin di sana ada 3 tahap, pertama tahap evakuasi, untuk korban jiwa dan luka-luka ringan dan berat, tahap pengungsian, dilarikan ke tempat pengungsian sementara," cerita Awkarin saat menjadi pembacara Milenial Fest 2018, Djakarta Theater XXI, Sarinah, Jakarta Pusat, Minggu (28/10/2018).

Menurut Karin, ada lagi tahapan yang paling penting yakni recovery. Saat pertama berangkat sebagai relawan, Awkarin bisa mengumpulkan donasi sebesar Rp 200 juta.

"Karin udah donasi Rp 200 juta cukup, sebenarnya nggak. Tahap ketiga, tahap recovery dibagi dua untuk mental. Karena pasti adanya trauma, ada juga recovery mata pencarian," jelas Awkarin.
Awkarin Siap Kembali ke Palu untuk Recovery Korban BencanaFoto: Awkarin (Instagram Sekolah Relawan)

"Donggala dan Sigi mereka kerja sebagai nelayan dan petani. Mereka kehilangan mata pencarian mereka juga. Mereka butuh untuk mereka kembali lagi pulih seperti awal," lanjutnya.

Kini, Awkarin kembali Menggalang dana melalui kitabisa.com untuk membantu recovery warga Palu. Sekitar bulan November dia akan kembali turun ke lokasi.

"Sekitar November akhir dan Desember. Tahap recovery ini donasi. Aku langsung galang dana untuk tahap recovery," katanya.

"Aku ke sana mau nyampein dan merasa bertanggung jawab langsung aja donasi. Aku ke sana emang mau nambah pengalaman aja sih. Kalau kita berdonasi itu nggak stop di sembako dan baju," tegas Awkarin.

Tonton juga Awkarin Nangis Saat Isi Materi di Milenial Fest 2018 di sini:

[Gambas:Video 20detik]


(pus/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com